Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa dan gaya belajar siswa. Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dikuasai oleh siswa sesuai dengan tujuan kurikulum 2013. Hal ini juga sesuai dengan salah tujuan pembelajaran yang dirumuskan NCTM (2000) yaitu belajar untuk berkomunikasi. Pada pelaksanaan proses pembelajaran, guru sebagai fasilitator kurang bisa menciptakan suasana belajar yang cocok dengan gaya belajar siswa. Proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru menjadi salah satu faktor penyebab rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian studi literatur dengan menelaah 20 jurnal terkait kemampuan komunikasi matematis dan gaya belajar siswa. Hasil penelitian ini akan digunakan untuk melihat bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajarnya.

Rincian Artikel