Main Article Content

Abstract

Abstrak


Manusia merupakan makhluk tanda yang tidak bisa lepas dari tanda. Penamaan sebagai penanda yang dibuat manusia kemudian membentuk budaya di masyarakat untuk nama tempat, hewan peliharaan, dan juga merek dagang. Salah satu dari penamaan merek dagang juga dilakukan pada penamaan podcast. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1) Makna denotasi yang muncul pada penamaan empat podcast di Indonesia tahun 2019-2022, 2) Makna konotasi yang muncul pada penamaan empat podcast di Indonesia tahun 2019-2022, dan 3) Mitos yang muncul pada penamaan empat podcast di Indonesia tahun 2019-2022 pada tataran semiotika Roland Barthes ditinjau dari wujud kebudayaan Koentjaraningrat. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif yang dipadukan menggunakan studi dokumen dan teknik catat. Penelitian ini menggunakan teori Semiotika oleh Roland Barthes untuk meninjau sistem tanda makna yang terdapat pada judul keempat podcast di Indonesia tahun 2019-2022. Hasilnya, makna denotasi dan konotasi ditemukan konsisten berada pada sistem tanda pada judul Podkesmas, Podcast Naik Clas, Podcast Agak Laen!, dan Stereovibes. Sedangkan mitos tidak ditemukan pada judul Podcast Agak Laen! dikarenakan judul tersebut sudah berhasil menyampaikan pesan yang sama untuk ditangkap oleh para pendengarnya.


Kata kunci: Semiotika; Podcast; Penamaan

Article Details