Main Article Content
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kepaduan dan bentuk relasi kohesi pada teks naratif dalam buku ajar Bahasa Indonesia SD Kelas V Kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif menggunakan pendekatan analisis kohesi gramatikal dan leksikal dengan mendeskripsikan data dan dianalisis secara mendalam sesuai teori. Data yang ditemukan berupa kalimat-kalimat dari teks naratif dalam buku ajar Bahasa Indonesia SD Kelas V Kurikulum Merdeka. Pencarian data dengan cara Menyimak, mengamati, dan mencatat. Hasil dan pembahasan pada penelitian ini menunjukkan bahwa teks naratif dalam buku ajar Bahasa Indonesia SD Kelas V Kurikulum Merdeka didapati kepaduan dan penanda ralasi kohesi, meliputi: relasi referensi, relasi substitusi, relasi elipsis, relasi konjungsi, dan relasi leksikal. Dapat disimpulkan bahawa teks naratif dalam buku ajar Bahasa Indonesia SD Kelas V Kurikulum Merdeka memiliki kepaduan dalam wacana sehingga menciptakan wacana yang baik dan kohesif. Kepaduan wacana yang baik ini terlihat dari penggunaan penanda relasi kohesi yang cukup bervariasi serta terlihat pada persentase yang menunjukkan bahwa penggunaan relasi kohesi cukup beragam dan bervariasi.
Kata kunci: relasi kohesi, teks naratif, buku ajar.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.