PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Penulis

  • Eka Septiani Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

Kata Kunci:

pembelajaran sistem elektronik dan pembelajaran bahasa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat E-Learning dalam peningkatan
kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. E-Learning adalah suatu sistem atau
konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan
pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi
langsung. Observasi langsung merupakan sebuah metode yang dilakukan dengan cara
melihat langsung ke lapangan terhadap apa yang akan diteliti oleh seorang peneliti.
Observasi langsung ini dilakukan terhadap tenaga pengajar yakni dosen bahasa Indonesia
dan peserta didik yaitu mahasiswa. Setelah dilakukan observasi langsung hasil penelitian
dijelaskan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. E-Learning sangat
dibutuhkan oleh seorang guru dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Hasil
penelitian ini dapat diketahui secara langsung bagaimana pemanfaatan E-Learning dalam
pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Pada kenyataannya, hasil yang diperoleh dari
penelitian bahwa pemanfaatan E-Learning dalam kegiatan pembelajaran sangat kurang.
Pemanfaatan E-Learning secara maksimal ternyata dapat meningkatkan kualitas
pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta meningkatkan minat peserta didik pada
pelajaran bahasa dan sastra Indonesia.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-19

Terbitan

Bagian

Articles