PENGARUH METODE ESTAFET WRITING MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS POPULER MAHASISWA
Kata Kunci:
menulis populer, audiovisual, metode estafetAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode Estafet Writing
dengan media audiovisual terhadap kemampuan menulis populer mahasiswa prodi
pendidikan bahasa Indonesia UNJ. Metode penelitian dengan menggunakan metode
eksperimen. Desain yang digunakan ialah desain pretest posttest control group. Sampel
penelitian dengan random sampling mahasiswa yang mengampu mata kuliah menulis.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes keterampilan menulis populer.
Berdasarkan hasil penelitian metode Estafet Writing dengan menggunakan media
Audiovisual terhadap kemampuan menulis populer sangat berpengaruh, sehingga metode
ini dapat diaplikasikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran dalam menulis
populer karena metode ini dapat membimbing mahasiswa untuk saling bekerja sama dan
menciptakan imajinasi ke dalam menulis populer dengan pilihan kata yang kreatif. Selain
itu, penggunaan metode Estafet Writing dengan menggunaan media audiovisual ini dapat
memudahkan mahasiswa dalam menulis populer, media yang digunakan pada metode ini
sebagai daya imajinasi mahasiswa dalam menulis populer.