PENGARUH MEDIA GAMBAR LALU LINTAS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA

Penulis

  • Ratna Dewi Kartikasari Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ramdhiatul Huda Universitas Muhammadiyah Jakarta

Kata Kunci:

media pembelajaran, kemampuan menulis, teks deskripsi.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam keterampilan
menulis teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Tangerang Selatan, sehingga
peneliti tergerak untuk meneliti apa penyebabnya dengan menerapkan media
pembelajaran yaitu media gambar. Adapun tujuan ini adalah untuk mengetahui pengaruh
keterampilan menulis teks deskripsi menggunakan media dibandingkan tidak
menggunakan media. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 3 Tangerang Selatan
dengan populasi kelas VII berjumlah 385 siswa dan sampel yang berjumlah 72 siswa, 36
siswa sebagai kelas kontrol dan 36 siswa sebagai kelas eksperimen. Media yang
digunakan pada penelitian ini adalah media gambar berupa gambar lalu lintas seperti, lalu
lintas dilarang balik arah, rumah sakit, hati-hati orang bersepeda, dan penyeberangan
jalan. Hipotesis penggunaan media gambar lalu lintas terhadap kemampuan menulis teks
deskripsi berpengaruh lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan media gambar.
Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes uraian yang sudah divalidasi oleh ahli,
setelah divalidasi didapatkan valid dan reliabel serta data berdistribusi normal dan
homogen. Maka, hasil uji hipotesis menunjukan thitung sebesar 5,22 lebih besar dari
ttabel sebesar 1,99 (thitung > ttabel). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media gambar lalu lintas terhadap kemampuan menulis teks deskripsi lebih
baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2018-10-19

Terbitan

Bagian

Articles