FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LITERASI MEMBACA BAHASA INDONESIA YANG BERKEMAJUAN

Authors

  • Nadra Amalia Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
  • Alfitriani Siregar Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

Keywords:

literasi, baca, berkemajuan

Abstract

Literasi membaca mengandung frasa dalam rangka mencapai tujuan mengidentifikasikan
bahwa membaca tidak terlepas dari tujuan apa yang diharapkan untuk dicapai oleh
pembacanya. Melainkan, membaca dengan mengembangkan pengetahuan dan potensi
pembaca sehingga mampu berpartisipasi berkemajuan di dalam masyarakat. Salah satu
yang mau tidak mau harus dilaksanakan sejalan dengan usaha pembinaan dan standarisasi
bahasa Indonesia , ialah meningkatkan minat baca bangsa, terutama pada pemudanya.
Rendahnya minat baca dapat dicari sebabnya terutama pada rendahnya pengunjung
perpustakaan khususnya pada penelitian ini dapat di temukan pada faktor-faktor yang
mempengaruhi pengunjung untuk minat membaca di perpustakaan Kota Medan. Adapun
faktor-faktor yang mempengaruhi literasi membaca bahasa Indonesia yang berkemajuan
yaitu : rasa ingin tahu yang tinggi atas fakta, teori, prinsip, pengetahuan dan informasi;
keadaan lingkungan fisik yang memadai; keadaan lingkungan sosial yang kondusif; rasa
haus informasi ; serta prinsip hidup bahwa membaca merupakan kebutuhan rohani.
Penelitian ini mengkaji bagaimana persentase minat baca masarakat kota Medan dan
bagaimana gambaran hasil analisis dari faktor-faktor yang mempengaruhi minat baca
masyarakat di kota Medan . Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung di
perpustakaan Kota Medan dengan sampel yang telah disederhanakan sebanyak 51
responden dengan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan
data yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa data yang diambil tertinggi 25% yaitu
rasa ingin tahu yang tinggi atas fakta, teori, prinsip, pengetahuan dan informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2018-10-19

Issue

Section

Articles