Main Article Content
Abstract
Pokok bahasan hukum Newton, merupakan materi yang diperlukan siswa untuk memiliki kompetensi dasar menganalisis hukum Newton dan konsep gaya. Materi ini merupakan materi yang sifatnya konkret dan kegiatan praktek, eksperimen atau demontrasi yang wajib dilakukan ditingkat SMK dengan program keahlian keperawatan dan kompetensi keahlian kesehatan. Sehingga merupakan materi yang menyenangkan , tapi karena siswa kurang tertantang dan materi pendukung mapel matematika tentang besaran vektor kurang , maka menyebabkan hasil belajar siswa selama ini rendah. Dengan demikian, pembelajaran secara langsung pada obyek yang sedang dipelajari memungkinkan meningkatkan perolehan pengetahuan sesuai dengan harapan. Salah satu pendekatan mengajar yang dapat dianggap memenuhi syarat dilihat dari kerangka konseptual, adalah metode discovery Learning . Metode tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam kompetensi dasar hukum Newton dan konsep gaya.