Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki hubungan antara variabel kemandirian belajar dan ketahanmalangan pembelajaran IPA terhadap kemampuan literasi digital peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Instrumen penelitian berupa angket yang digunakan untuk memperoleh data kemandirian belajar, ketahanmalangan, dan kemampuan literasi digital siswa dilakukan melalui pemberian angket (kuesioner) kepada siwa. Data dianalisis menggunakan analisis statistic inferensial dengan uji korelasi product momen, regresi sederhana dan berganda. Hasil penelian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara: (1) kemandirian belajar bersama-sama ketahanmalangan terhadap kemampuan literasi digital nilai korelasi sebesar 0.699; (2) kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi digital nilai korelasi sebesar 0,467; (3) ketahanmalangan terhadap kemampuan literasi digital siswa dengan nilai korelasi sebesar 0,487; (4) kemandirian belajar terhadap kemampuan literasi digital setelah mengontrol nilai korelasi sebesar 0,381; (5) ketahanmalangan terhadap kemampuan literasi digital siswa setelah mengontrol kemandirian belajar dengan nilai korelasi sebesar 0,408.


 

Keywords

kemandirian belajar, ketahanmalangan, literasi digital

Article Details