Main Article Content

Abstract

Pembelajaran online di era pandemi Covid-19 merupakan suatu tantangan bagi dosen maupun mahasiswa. Hal yang perlu diperhatikan bagi dosen adalah bagaimana menciptakan media yang mampu mengatasi kebosanan mahasiswa dalam melakukan pembelajaran online sekaligus mampu meningkatkan literasi mahasiswa, karena saat ini literasi sains peserta didik di Indonesia sangat rendah. Oleh karena itu, perlu dikembangkan sebuah E-module pada mata kuliah IPA Terpadu dengan tipe Webbed yang mampu menjawab permasalahan tersebut. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development dengan model 4D. Validasi dilakukan baik pada ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan pada mahasiswa prodi Pendidikan Fisika UAD yang sedang menempuh mata kuliah IPA Terpadu. Hasil penelitian ini adalah berhasil dikembangkan E-Module IPA Terpadu dengan kualitas ‘sangat bagus'. Berdasarkan hasil ujicoba, didapatkan bahwa E-Module IPA Terpadu yang dikembangkan dapat meningkatkan literasi sains mahasiswa secara signifikan dengan skor rata-rata 7,2 meningkat menjadi 8,9.

Keywords

E-Module, IPA Terpadu, Literasi Sains

Article Details