Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa di pondok pesantren. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi Pada penelitian ini diambil seluruh siswa kelas X, dan  dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dan pemilihan sampel ini dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes pilihan ganda (multiple choice) untuk mengukur hasil belajar siswa dan angket  motivasi belajar untuk mengetahui motivasi belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan berbantuan SPSS V.25 dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji MANOVA. Hasil uji hipotesis motivasi belajar siswa diketahui nilai signifikansinya adalah 0,001 dan hasil belajar siswa diketahui nilai signifikansinya adalah 0,004. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman terhadap motivasi belajar fisika siswa dan  ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi nilai keislaman terhadap hasil belajar fisika siswa.

Article Details