Main Article Content

Abstract

Critical thinking skill atau keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu kemampuan abad 21 yang sangat penting untuk dikuasai. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat berpikir kritis peserta didik masih cukup rendah. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatih melalui proses pembelajaran, model pembelajaran yang tepat mampu mengaktifkan potensi peserta didik yang dapat meningkatan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran ERP dalam skema online terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan dengan metode Quasi Experiment dengan jenis pendekatan penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent  Control Group Design. Berdasarkan hasil penelitian, uji effect size menunjukkan bahwa besar nilai effect size sebesar 0,77 dimana nilai tersebut termasuk ke dalam kategori besar. Berdasarkan dari hasil uji effect size yang telah dilakukan, hasil tersebut menunjukan efektivitas model pembelajaran ERP besar efektivitasnya dibandingan model pembelajaran konvensional (discovery learning) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada mata pelajaran IPA.

Keywords

Model pembelajaran ERP; keterampilan berpikir kritis; pembelajaran daring; , pembelajaran berbasis riset;

Article Details