Main Article Content
Abstract
Abstrak. Kondisi pandemi Covid-19 memberikan dampak yang luar biasa terhadap pola belajar dan motivasi belajar peserta didik. Kemerosotan motivasi belajar peserta didik nampak semakin meningkat sejak awal terjadinya pandemi dan diberlakukannya kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), hal ini terlihat pada partisipasi belajar peserta didik yang semakin sedikit bahkan mencapai 5/23 peserta didik yang ikut berperan aktif dalam pembelajaran daring, 17/23 peserta didik tidak mengikuti pembelajaran dengan berbagai latar belakang yang mempengaruhi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA di SMP Makna Bakti dengan pemanfaatan video Tiktok pada materi system reproduksi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah 23 peserta didik pada kelas 9.4 di SMP Makna Bakti Jakarta. Hasil penelitian berdasarkan analisis dokumen menunjukan bahwa ada peningkatan motivasi peserta didik dilihat dari partisipasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran IPA secara daring mencapai angka 100% dari keseluruhan peserta didik dibandingkan dengan tahun ajaran sebelumnya, sedangkan hasil wawancara menunjukan adanya ketertarikan yang luar biasa dari peserta didik pada video Tiktok yang disajikan serta memicu motivasi belajar IPA dilihat dari partisipasi peserta didik dalam mengumpulkan tugas belajar pada Google Classroom. Hasil tersebut dapat dijadikan pertimbangan oleh guru dalam menyajikan materi dengan kemasan menarik yang disesuaikan dengan kondisi uptodate peserta didik .