Main Article Content

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program praktik kerja industri di SMK Negeri 60 Jakarta. Praktik Kerja Industri adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Dunia Usaha/Dunia Industri dan/atau lapangan kerja lain untuk penerapan, pemantapan, dan peningkatan kompetensi peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan. Model evaluasi yang digunakan adalah model CIPP dengan pendekatan kualitatif, fokus pada konteks, input, proses dan produk program praktek kerja industri. Pengumpulan data menggunakan studi dokumentasi, wawancara, angket, dan observasi. Uji kredibilitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik memperpanjang masa pengamatan dan triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi teknik). Langkah dan teknik analisis data menggunakan persentase, kategorisasi dan deskriptif disesuaikan dengan komponen yang dievaluasi. Hasil temuan menunjukkan: (1) konteks evaluasi, perencanaan program dan tujuan program praktik kerja industri sudah sesuai dengan kebutuhan stakeholder, namun masih ada sebagian kecil peserta didik yang mencari sendiri tempat prakerinnya; (2) input evaluasi, sarana prasarana untuk melaksanakan program sudah terpenuhi dan tempat  praktek kerja industri tersedia pada setiap periodenya namun belum sesuai dengan kebutuhan daya tampung peserta didik yang akan praktik kerja industri; (3) proses evaluasi, peralatan di industri dan guru pembimbing sudah tercukupi serta pelaksanaanya sudah mengikuti ketentuan sekolah, namun masih ditemukan hambatan dalam pelaksanaan prakerin terkait kesenjangan spesifikasi peralatan praktik kejuruan industri dengan yang biasa digunakan di sekolah; (4) produk evaluasi, output program praktek kerja industri tercermin dari rata-rata nilai rapot peserta didik pada  mata pelajaran kejuruan, dimana nilai rapot mata pelajaran kejuruan tiap semester terus meningkat setelah peserta didik melakukan praktik kerja industri, sementara outcome program praktik kerja industri terlihat pada keterserapan tamatan, dimana data keterserapan tamatan di SMK Negeri 60 Jakarta menunjukkan bahwa peserta didik yang telah lulus minimal satu tahun sebelumnya terserap ke dunia kerja seluruhnya.

Article Details