Main Article Content
Abstract
Abstrak. Penerapan kurikulum 2013 di Sekolah Dasar dinilai masih memiliki banyak hambatan khususnya dalam hal penilaian keterampilan tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang program penilaian ketrampilan kurikulum tahun 2013, yang dilaksanakan di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Negeri 11 Jakarta. Penelitian evaluasi dilakukan dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, dan Product) dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Proses pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi . Data hasil wawancara didapat dari kepala madrasah dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum serta guru kelas IV di MIN 11 sedangkan angket diisi oleh guru, dan orangtua siswa. Hasil Evaluasi menunjukkan bahwa program penilaian keterampilan tematik belum sesuai dilaksanakan berdasarkan pedoman penilaian yang telah direncanakan. Pada komponen Context , program penilaian keterampilan tematik kelas IV sudah searah dengan kebijakan pemerintah dan adanya kesesuaian visi dan misi MIN 11 Jakata Barat. Komponen Input, meliputi 1) kesiapan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan yang belum memadai , 3) belum adanya anggaran khusus program penilaian keterampilan tematik, 3) sarana prasarana yang masih harus ditingkatkan pada dimensi kompetensi guru fokus pada pemerataan pelatihan guru yang diberikan. Komponen Process, diperlukan peninjauan kembali perangkat administrasi pembelajaran dan terdapat beberapa kendala dalam program penilaian keterampilan tematik. Komponen Product, pelaksanaan program penilaian keterampilan tematik kelas IV MIN 11 Jakarta Barat sudah baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan program penilaian keterampilan tematik kelas IV di MIN 11 Jakarta Barat sudah berjalan dengan baik.