Main Article Content
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas dengan judul Penerapan Metode Karyawisata Pada Peranan Pers Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XII AKL1 SMKN 11 Jakarta tahun 2019/2020.Sebuah penelitian yang diawali dengan adanya kebosanan siswa dalam belajar yang mengakibatkan nilai hasil belajar rendah, maka dilakukan terobosan baru belajar dengan menggunakan metode pembelajaran karyawisata, tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar siswa. Metode ini menerapkan pemecahan masalah dari tugas yang di sampaikan oleh guru melalui bentuk karyawisata yang dilakukan secara berkelompok dengan tujuan wisata yang berbeda tetapi dengan misi yang sama .penelitian dilakukan dengan 3 siklus yaitu siklus pertama berupa diskusi tempat tujuan yang akan didatangi, siklus kedua melakukan perjalanan wisata, siklus tiga mempresentasikan hasil kunjungan dan membuat laporan tertulis dalam bentuk tulisan koran.Hasil tes pengetahuan pada siklus pertama adalah 66,85 siklus kedua 81,14 dan siklus ketiga 81,42 sementara hasil pengamatan siklus pertama 81,25 siklus kedua 84.00 dan siklus ketiga 86,05.
Classroom Action Research with the title Application of the Field Trip Method in the Role of the Press to Increase Student Learning Outcomes in Class XII AKL1 SMKN 11 Jakarta in 2019/2020. A research that began with student boredom in learning which resulted in low learning achievement scores, a new learning breakthrough was made by using field trip learning method, the goal is to improve student learning outcomes. This method applies problem solving from assignments conveyed by the teacher through the form of field trips which are carried out in groups with different tourist destinations but with the same mission. The research was carried out in 3 cycles, namely the first cycle in the form of discussing destinations to be visited, the second cycle traveling tour, cycle three presented the results of the visit and made a written report in the form of a newspaper. The results of the knowledge test in the first cycle were 66.85, the second cycle was 81.14 and the third cycle was 81.42 while the observations of the first cycle were 81.25, the second cycle was 84.00 and the third cycle was 81.25. third 86.05.