Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengevaluasi ketercapaian program pendidikan karakter di SD Islam Daarus Shofwah Bojonggede Bogor. Jenis penelitian ini adalah evaluasi melalui metode pendekatan kualitatif dengan menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, dan Product) sebagai alat evaluasi. Pengumpulan data pada proses evaluasi yaitu observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, wakil bidang kesiswaan, guru kelas, guru PAI, guru olahraga, perwakilan guru ekstrakulikuler, perwakilan siswa kelas 5 dan 6. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa program pendidikan karakter dikategorikan baik. Sedangkan pada nilai evaluasi program pendidikan karakter berdasarkan masing-masing tahapan diantaranya pada tahapan konteks (Context) berada pada kategori baik, pada tahapan masukan (Input) berada pada kategori baik, pada thapan proses (Process) berada pada kategori sangat baik, dan tahapan produk (Product) pada kategori baik.
This study aims to describe and evaluate the achievement of the character education program at SD Islam Daarus
Shofwah Bojonggede Bogor. This type of research is an evaluation through a qualitative approach using the
CIPP model (Context, Input, Process, and Product) as an evaluation tool. Collecting data in the evaluation
process, namely observation, interviews, and documentation studies. Interviews were conducted with school
principals, curriculum representatives, student representatives, class teachers, PAI teachers, sports teachers,
extracurricular teacher representatives, grade 5 and 6 student representatives. The results of this study can be
concluded that the character education program is categorized as good. Whereas the evaluation value of the
character education program based on each stage includes the context stage which is in the good category, the
input stage which is in the good category, the process stage which is in the very good category, and the product
stage. (Product) in the good category.