Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh pendekatan pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA pada peserta didik Kelas VIII MTsN 32 Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas VIII MTsN 32 Jakarta yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah peserta didik 169. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan menggunakan teknik undian. Hasil pengundian, ditentukan 2 (dua) kelas sampel kelompok eksperimen yaitu VIII/1, perlakuan Contextual Teaching Learning (CTL) dan kelas VIII/3 menjadi kelas kontrol dengan perlakuan pendekatan ceramah. Penelitian ini menemukan bahwa pendekatan CTL memberikan perubahan pada psikomotor yakni berhubungan dengan kemampuan mengerjakan sesuatu, menunjukkan kinera dan meningkatkan hasil belajar IPA. Analisis uji menyimpulkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar IPA terhadap peserta didik yang diajarkan dengan pembelajaran CTL dan konvensional, (2) terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar IPA, (3) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional tinggi antara yang menggunakan CTL dan konvensional, (4) terdapat perbedaan hasil belajar IPA antara peserta didik yang memiliki kecerdasan emosional rendah antara yang menggunakan pendekatan CTL dan yang menggunakan pendekatan konvensional.
This research was conducted to examine the effect of learning approaches and emotional intelligence on science learning outcomes in Class VIII MTsN 32 Jakarta students. The population in this study were all class VIII students at MTsN 32 Jakarta consisting of 5 classes with a total of 169 students. The sample was determined using cluster random sampling, using a lottery technique. As a result of the draw, it was determined that 2 (two) sample classes for the experimental group, namely VIII/1, were treated with Contextual Teaching Learning (CTL) and class VIII/3 became the control class with the lecture approach treatment. This study found that the CTL approach provided psychomotor changes, namely related to the ability to do something, show performance and improve science learning outcomes. The test analysis concludes (1) there are differences in science learning outcomes for students who are taught with CTL and conventional learning, (2) there is an interaction between learning approaches and emotional intelligence on science learning outcomes, (3) there are differences in science learning outcomes between students who have high emotional intelligence between those using CTL and conventional, (4) there are differences in science learning outcomes between students who have low emotional intelligence between those using the CTL approach and those using conventional approaches.