Kecakapan Hidup Dari Pembelajaran Pandemi COVID -19 (Studi Deskriptif dan Survei di SMA Negeri 67 Jakarta)

  • Sarwiyoto SMA Negeri 67 Jakarta

Abstract

Masalah wabah yang dikenal dengan sebutan covid-19 telah berdampak pada bidang kesehatan, bidang ekonomi, budaya dan dunia pendidikan. Agar tidak meluas penyebarannya, pemerintah menganjurkan agar melaksanakan 'social distancing' dan 'lockdown'. Dibidang pendidikan,  kementrian dan jajarannya telah mengeluarkan regulasi yang mengatur proses pembelajaran. Sejak pandemi covid-19 diumumkan, penulis melakukan penelitian terhadap peserta didik yang diampu selama pembelajaran tentang media daring, kesiapan peserta didik dan kecakapan hidup yang diperoleh. Hasilnya menunjukkan 93,9% peserta didik hadir, 95,4% pembelajaran dengan media google classroom dan kemampuan dalam menyelesaikan tugas 6,1% sangat mampu, 59,5% mampu, dan 32,6% cukup mampu. Hasil survei juga menunjukkan tidak semua peserta didik dapat mengakses internet sebagai sarana program pembelajaran jarak jauh. Disarankan kepada lembaga yang berwenang untuk memberikan solusi agar semua peserta didik dapat mengakases internet sebagai sarana dalam program pembelajaran jarak jauh.  Sebagai guru hendaknya selalu mengembangkan dan meningkatkan kompetensinya agar dapat menyesuaikan dengan abad revolusi industri 4.0. dalam posisi ditengah-tengah peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-07-25