Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran kesadaran diri dan rasa memiliki terhadap profesionalisme guru dalam menjaga kualitas sekolah, dengan fokus pada guru berpengalaman. Profesionalisme guru mencakup aspek yang lebih luas, tidak hanya penguasaan materi pelajaran, tetapi juga keterampilan sosial dan emosional. Kesadaran diri yang tinggi membantu guru mengelola emosi dan membuka diri terhadap umpan balik, sementara rasa memiliki terhadap profesi mendorong motivasi dan keterlibatan yang lebih dalam dalam pengembangan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat kesadaran diri dan rasa memiliki pada guru berpengalaman, serta menganalisis hubungan keduanya dengan berbagai aspek profesionalisme guru seperti kemampuan mengajar, inovasi, dan kolaborasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kesadaran diri dan profesionalisme dengan korelasi yang sangat kuat (r = 0,749, p < 0,05), namun hubungan antara rasa memiliki dan profesionalisme tidak signifikan. Kesadaran diri terbukti memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap peningkatan profesionalisme guru. Penelitian ini menyarankan agar guru berpengalaman lebih mengembangkan kesadaran diri sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pengajaran dan profesionalisme mereka.