Main Article Content
Abstract
Background: Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan meningkatkan transformasi peran komite sekolah dalam pengelolaan pendidikan di era digital, khususnya di Madrasah Ibtidaiyah Bogor. Dalam kondisi ideal, komite sekolah diharapkan berperan aktif dalam memberikan nasihat, mendukung kegiatan, mengawasi, dan menjadi penengah dalam pengambilan keputusan pendidikan yang semakin terintegrasi dengan teknologi digital. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa meskipun komite sekolah di Madrasah Ibtidaiyah Bogor telah melaksanakan tugasnya dengan baik, masih terdapat tantangan dalam memanfaatkan teknologi digital untuk mendukung program-program sekolah secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif, mengumpulkan data melalui penelitian dokumen, wawancara, dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komite sekolah telah berperan baik dalam mendukung terealisasinya program sekolah, termasuk program unggulan yang melatih siswa menjadi mudzaki sejak dini dengan memanfaatkan platform digital. Program ini memberikan edukasi positif yang mengubah pola pikir siswa terhadap lingkungan sekitar dan meningkatkan literasi digital mereka. Dampak dari transformasi peran komite sekolah ini adalah peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah Bogor, dengan program kerja komite yang secara keseluruhan membantu mensukseskan program sekolah di era digital.
Background: This study aims to understand and improve the transformation of the role of the school committee in managing education in the digital era, especially in Madrasah Ibtidaiyah Bogor. In ideal conditions, the school committee is expected to play an active role in providing advice, supporting activities, supervising, and becoming a mediator in educational decision-making that is increasingly integrated with digital technology. However, the reality in the field shows that although the school committee in Madrasah Ibtidaiyah Bogor has carried out its duties well, there are still challenges in utilizing digital technology to support school programs more effectively. This study uses a qualitative approach with a descriptive analysis method, collecting data through document research, interviews, and direct observation. The results of the study show that the school committee has played a good role in supporting the realization of school programs, including a superior program that trains students to become mudzaki from an early age by utilizing digital platforms. This program provides positive education that changes students' mindsets towards the surrounding environment and increases their digital literacy. The impact of this transformation of the role of the school committee is an increase in the quality of education in Madrasah Ibtidaiyah Bogor, with the committee's work program as a whole helping to make school programs a success in the digital era.