Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan matematika realistik dan gaya belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian menggunakan metode eksperimen, dengan teknik analisis ANAVA dua jalur. Sampel sebanyak 44 siswa. Data dihimpun melalui tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada yang diajar dengan pendekatan konvensional. (2) Prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual lebih tinggi daripada dengan gaya belajar auditorial. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan gaya belajar terhadap prestasi belajar matematika. (4) Pada siswa dengan gaya belajar visual, prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada yang diajar dengan pendekatan konvensional. (5) Pada siswa dengan gaya belajar auditorial, prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan pendekatan matematika realistik lebih tinggi daripada yang diajar dengan pendekatan konvensional. (6) Pada pendekatan matematika realistik, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual lebih tinggi daripada dengan gaya belajar auditorial. (7) Pada pendekatan konvensional, prestasi belajar matematika siswa dengan gaya belajar visual lebih rendah daripada dengan gaya belajar auditorial.
The study aims to determine the effect of realistic mathematical approaches and learning style on learning achievement. The study used an experimental method, with two lanes ANOVA analysis techniques. A sample of 44 students. Data were collected through tests and questionnaires. The results showed that: (1) The achievement of mathematics learning taught by realistic mathematics approach are higher than those taught by conventional approach. (2) The achievement of mathematics learning with visual learning style is higher than the auditory learning style. (3) There is an interaction effect between learning approach to learning styles on mathematics achievement. (4) In the students with a visual learning style, academic achievement math students taught with realistic mathematics approach are higher than those taught by conventional approach. (5) At the student with auditory learning style, academic achievement math students taught with realistic mathematics approach are higher than those taught by conventional approach. (6) At the approach of realistic mathematics, mathematics achievement of students with a visual learning style is higher than the auditory learning style. (7) In the conventional approach, mathematics achievement of students with a visual learning style is lower than the auditory learning style.