Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji model pengukuran dan model struktural variabel laten (konstruk) serta untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi terhadap sikap belajar, pengaruh motivasi terhadap regulasi diri dalam belajar, dan pengaruh sikap belajar terhadap regulasi diri dalam belajar. Penelitian menggunakan metode survei, dengan teknik Model Persamaan Struktural (SEM). Sampel sebanyak 344 mahasiswa. Data dihimpun melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: model pengukuran yang diusulkan fit dengan data. Hasil uji kebermaknaan terhadap estimasi parameter model struktural juga menunjukkan bahwa ketiga parameter model signifikan. Artinya (1) terdapat pengaruh positif langsung antara motivasi berprestasi terhadap regulasi diri dalam belajar, (2) terdapat pengaruh langsung positif antara motivasi berprestasi terhadap sikap belajar, dan (3) terdapat pengaruh langsung positif antara sikap belajar terhadap regulasi diri dalam belajar. Pada semester II, motivasi berprestasi memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap regulasi diri dalam belajar dibandingkan mahasiswa pada semester IV. Sedangkan pada semester IV, sikap belajar memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap regulasi diri dalam belajar dibandingkan dengan mahasiswa semester II.