Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penilaian guru tentang kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi guru dalam membuat soal. Populasi 186 guru, sampel 127 guru. Data dihimpun dengan kuesioner dan analisis butir soal menggunakan iteman. Data dianalisa dengan teknik korelasi sederhana, uji linearitas dan dengan analisis jalur. Hasilnya: 1) terdapat pengaruh langsung positif penilaian guru tentang kegiatan MGMP;  2) terdapat pengaruh langsung positif motivasi berprestasi guru terhadap kompetensi profesional guru dalam membuat soal;  3) terdapat pengaruh langsung penilaian guru tentang kegiatan MGMP terhadap motivasi berprestasi guru.  Implikasi, apabila MGMP memiliki berbagai program yang menunjang dan menarik sehingga guru memberikan penilaian yang baik tentang kegiatan MGMP dan bergabung dalam MGMP karena kebutuhan untuk dapat meningkatkan kompetensi profesional terutama dalam membuat soal sehingga tujuan pendidikan PPKn khususnya sebagai materi yang bersifat aplikatif dapat diterapkan siswa. Penilaian tersebut juga akan dapat meningkatkan motivasi berprestasi guru yang dapat berimbas pada kompetensi profesional guru dalam membuat soal.


 


The study aims to reveal the effect of teacher assessment on MGMP activities and achievement motivation on teacher competence in making the test items. The population numbers 186 teachers and the samples have 127 teachers. The data are collected with questionnaire and item analysis using iteman. The data are then analyzed by simple correlation techniques, linearity test and by path analysis. The results of the research indicate: 1) there is a positive effect of teacher assessment on MGMP activities; 2) there is a positive influence of teacher achievement motivation toward teacher professional competence in making test items; and 3) there is a influence of teacher assessment of MGMP activities on the achievement motivation of teachers. If the MGMP has a variety of programs that support, teachers will provide a good assessment in MGMP activities and join the MGMP because of the need to improve professional competence, especially in making the test items. Therefore, the purpose of education as applicable materials can be applied. With a good assessment of teachers in MGMP activities, MGMP will also be able to improve teacher achievement motivation that can affect the professional competence of teachers in making test items.

Article Details