Pengaruh Penilaian Guru tentang Kegiatan Musyawarah Guru Mata Ajar (MGMP) dan Motivasi Berprestasi terhadap Kompetensi Profesional Guru PKn dalam Membuat Soal

  • Depri Ari Jimni SMAN 1 Tugumulyo, Musi Rawas
  • Anah Suhaenah Suparno SPs Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh penilaian guru tentang kegiatan MGMP dan motivasi berprestasi terhadap kompetensi guru dalam membuat soal. Populasi 186 guru, sampel 127 guru. Data dihimpun dengan kuesioner dan analisis butir soal menggunakan iteman. Data dianalisa dengan teknik korelasi sederhana, uji linearitas dan dengan analisis jalur. Hasilnya: 1) terdapat pengaruh langsung positif penilaian guru tentang kegiatan MGMP;  2) terdapat pengaruh langsung positif motivasi berprestasi guru terhadap kompetensi profesional guru dalam membuat soal;  3) terdapat pengaruh langsung penilaian guru tentang kegiatan MGMP terhadap motivasi berprestasi guru.  Implikasi, apabila MGMP memiliki berbagai program yang menunjang dan menarik sehingga guru memberikan penilaian yang baik tentang kegiatan MGMP dan bergabung dalam MGMP karena kebutuhan untuk dapat meningkatkan kompetensi profesional terutama dalam membuat soal sehingga tujuan pendidikan PPKn khususnya sebagai materi yang bersifat aplikatif dapat diterapkan siswa. Penilaian tersebut juga akan dapat meningkatkan motivasi berprestasi guru yang dapat berimbas pada kompetensi profesional guru dalam membuat soal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-25
Section
Articles