Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menemukan kebenaran dengan meneliti dan menganalisa pengaruh metode pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Penelitian menggunakan metode quasi-eksperimen. Sampel sebanyak 40 siswa. Data dihimpun melalui tes dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar menggunakan metode rumus 4P lebih tinggi dari pada dengan metode mind mapping. 2. Terdapat interaksi antara metode rumus 4P dengan kecerdasan emosioanal siswa terhadap hasil belajar bahasa Indoensia. 3. Pada siswa yang memiliki kecerdasan emosioanal tinggi, hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar menggunakan metode rumus 4P lebih tinggi daripada dengan metode mind mapping. 4. Pada siswa yang memiliki kecerdasan emosioanal rendah, hasil belajar bahasa Indonesia siswa yang diajar menggunakan metode rumus 4P lebih rendah daripada dengan metode mind mapping. Implikasi, penggunaan metode pembelajaran yang tepat, serta mampu merancang srategi pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa.
The study aims to find and analyze the influence of learning methods and students’ emotional intelligence on the Indonesia language learning achievement. The research uses a quasi-experimental method. The samples of the research are 40 students. The data are collected through tests and questionnaires. The results show that: 1) the students’ learning achievement of Indonesian language taught by the formula of 4P is higher than those who are taught by the mindmapping method, 2) there is an interaction between the formula of 4P method and the students’ emotional intelligence with Indonesian language learning achievement, 3) for the students with high emotional intelligence, Indonesian language learning achievement taught by using the formula of 4P is higher than the students taught by using mind mapping, and 4) for the students with lower emotional intelligence, Indonesia language learning achievement taught by using the formula of 4P is lower than the students taught by using mind mapping. Implications, the use of appropriate learning methods, and the ability of designing appropriate learning strategies can improve the students’ Indonesia language learning achievement.