Evaluasi Program Pembelajaran Menggunakan Media Belajar Pesona Edu Pada Mata Pelajaran Sains dan Matematika

  • Agus Wahyudi MTs Pembangunan UIN Jakarta

Abstract

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pembelajara pesona edu pada mata ajar sains dan matematika. Penelitian menggunakan metode evaluasi model CIPP. Subjek evaluasi meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah bidang kurikulum, 5 orang guru pengajar sains dan matematika, ketua komite madrasah, dan siswa kelas 7 sebanyak 15 orang. Temuan: (1) Evaluasi konteks: kondisi madrasah sudah sangat sesuai dan relevan untuk diterapkannya penggunaan media belajar pesona edu pada mata ajar sains dan matematika. (2) Evaluasi input: pimpinan dan guru sudah mampu menggunakan media belajar pesona edu dalam proses pembelajaran. Sosialisasi dan pelatihan secara rutin setiap tahunnya lebih mempermudah penggunaannya meski selalu mengalami perkembangan setiap tahunnya. Sarana prasarana juga sudah sangat memadai untuk diterapkannya program media belajar pesona edu. (3) Evaluasi proses: guru sebagai fasilitator selalu berusaha menciptakan suasana pembelajaran yang kreatif, menarik, menyenangkan dan berbobot sangat terbantu dengan menerapkan media belajar ini walau penggunaannya belum maksimal, namun antusiasme siswa ketika proses pembelajaran menggunakan media belajar pesona edu begitu luar biasa. (4) Evaluasi produk: siswa lebih termotivasi dalam belajar sebagai terlihat dari hasil nilai UN yang selalu meningkat setiap tahun.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-25
Section
Articles