Profesionalisme Guru dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Dengan Prestasi Belajar IPA

  • Mohamad Jahidin PT. Total Pola Formwork

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menelaah dan mengkaji hubungan antara profesionalisme guru dan status sosial ekonomi orang tua secara parsial dan simultan dengan prestasi belajar IPA siswa. Penelitian menggunakan metode survei. Populasi terjangkau sebanyak 749 orang siswa, sampel berjumlah 109 siswa. Data dihimpun melalui tes dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dengan prestasi belajar IPA siswa, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dengan prestasi belajar IPA, 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara profesionalisme guru dan status sosial ekonomi orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-04-25
Section
Articles