Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi google classroom pada mata pelajaran seni budaya peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memperoleh data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi tahap reduksi data, tahap penyajian data (Data Display), dan tahap penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Subyek dari penelitian ini adalah guru mata pelajaran Seni Budaya dan peserta didik SMK Negeri 57 Jakarta Selatan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Google Classroom dalam pembelajaran jarak jauh sangat mendukung proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Aktivitas pembelajaran jarak  jauh  yang  menggunakan Google Classroom dikatakan baik, karena dapat membantu guru dalam menyampaikan materi, memberikan tugas, dan memberikan nilai secara otomatis, selain itu Google Classroom juga dapat membantu peserta didik untuk mempermudah mengakses materi tugas yang di berikan oleh guru, pengumpulan tugas serta memberikan pertanyaan secara jarak jauh. Keunggulan Google Classroom membuat proses pembelajaran menjadi efektif dan efisien, hemat waktu, serta dan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja yang terhubung ke jaringan internet dan gratis dapat digunakan oleh siapapun. Akan tetapi Google Classroom ini membutuhkan fasilitas internet yang tinggi agar proses pembelajaran jarak jauh dapat berjalan dengan lancar.


 


The problem in this research is how to evaluate learning using the Google Classroom application in the arts and culture subjects of students. This study aims to describe the evaluation of learning by using the google classroom application in the arts and culture subjects of students.  This study uses a descriptive qualitative approach. In obtaining the data, the researcher used the method of observation, interviews, and documentation. Data analysis in this study includes the data reduction stage, the data display stage, and the conclusion drawing stage. Checking the validity of the data using triangulation of data sources. The subjects of this study were teachers of the Arts and Culture subject and students of SMK Negeri 57 South Jakarta. The results of this study can be concluded that the use of Google Classroom in distance learning greatly supports the learning process during the Covid-19 pandemic. Distance learning activities that use Google Classroom are said to be good, because they can help teachers deliver materials, give assignments, and give grades automatically, besides that Google Classroom can also help students to make it easier to access task materials given by teachers, collect assignments. and ask questions remotely. The advantages of Google Classroom make the learning process effective and efficient, save time, and can be done anywhere and anytime that is connected to the internet network and can be used for free by anyone. However, this Google Classroom requires high internet facilities so that the distance learning process can run smoothly.

Article Details