Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan selalu diikuti oleh teori-teori pendidikan yang terus berkembang, sehingga mempermudah proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu artikel ini ditulis untuk mengetahui teori-teori yang diketahui oleh guru-guru di lembaga yayasan pendidikan Baitul Huda Duri dalam mengajar bahasa Arab sebagai bahasa kedua. Tidak hanya sekadar mengetahui materi, penting untuk memahami teori yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di lembaga tersebut serta bagaimana penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif untuk menemukan jawaban dari pertanyaan artikel. Kemudian di lakukan wawancara untuk memperolehnya informasinya, tentunya yang akan di wawancarai adalah guru-guru yang mengajar pelajaran bahasa Arab di lembaga yayasan pendidikan Baitul Huda Duri. Dari hasil pembahasan, penulis menemukan bahwa guru disekolah tersebut mengenal ke-tiga teori pembelajaran, yaitu behaviorisme, nativisme, dan kognitivisme. Namun, dalam praktiknya, para guru hanya menggunakan dua teori, yakni behaviorisme dan nativisme. Dalam penerapannya, guru membacakan materi kepada peserta didik, kemudian menjelaskannya secara bertahap kalimat demi kalimat. Setelah itu, peserta didik diberikan evaluasi untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan. Ketika menjelaskan materi ajar, guru menggunakan bahasa Arab secara penuh. Namun, jika ada peserta didik yang tidak memahami penjelasan tersebut, guru akan menjelaskan kembali dengan bahasa yang lebih sederhana atau menggunakan gestur tubuh serta praktik langsung.

Keywords

Teori Mengajar, Bahasa Arab, Bahasa Kedua Teaching Theory, Arabic, Second Language

Article Details

How to Cite
-, W. L. (2025). Analisis Pengetahuan Guru Bahasa Arab di Lembaga Yayasan Baitul Huda Duri Tentang Teori Mengajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Kedua. Riyahuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 35–48. https://doi.org/10.22236/jpba/4117049

References

Read More