Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan selalu diikuti oleh teori-teori pendidikan yang terus berkembang, sehingga mempermudah proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pendidikan. Oleh karena itu artikel ini ditulis untuk mengetahui teori-teori yang diketahui oleh guru-guru di lembaga yayasan pendidikan Baitul Huda Duri dalam mengajar bahasa Arab sebagai bahasa kedua. Tidak hanya sekadar mengetahui materi, penting untuk memahami teori yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab di lembaga tersebut serta bagaimana penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kualitatif deskriptif untuk menemukan jawaban dari pertanyaan artikel. Kemudian di lakukan wawancara untuk memperolehnya informasinya, tentunya yang akan di wawancarai adalah guru-guru yang mengajar pelajaran bahasa Arab di lembaga yayasan pendidikan Baitul Huda Duri. Dari hasil pembahasan, penulis menemukan bahwa guru disekolah tersebut mengenal ke-tiga teori pembelajaran, yaitu behaviorisme, nativisme, dan kognitivisme. Namun, dalam praktiknya, para guru hanya menggunakan dua teori, yakni behaviorisme dan nativisme. Dalam penerapannya, guru membacakan materi kepada peserta didik, kemudian menjelaskannya secara bertahap kalimat demi kalimat. Setelah itu, peserta didik diberikan evaluasi untuk mengukur sejauh mana pemahaman mereka terhadap materi yang disampaikan. Ketika menjelaskan materi ajar, guru menggunakan bahasa Arab secara penuh. Namun, jika ada peserta didik yang tidak memahami penjelasan tersebut, guru akan menjelaskan kembali dengan bahasa yang lebih sederhana atau menggunakan gestur tubuh serta praktik langsung.

Keywords

Teori Mengajar, Bahasa Arab, Bahasa Kedua Teaching Theory, Arabic, Second Language

Article Details

How to Cite
-, W. L. (2024). Analisis Pengetahuan Guru Bahasa Arab di Lembaga Yayasan Baitul Huda Duri Tentang Teori Mengajar Bahasa Arab sebagai Bahasa Kedua. Riyahuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1), 35–48. https://doi.org/10.22236/jpba/4117049

References

  1. Abidin, A Mustika. 2022. “Penerapan Teori Belajar Behaviorisme Dalam Pembelajaran ( Studi Pada Anak ).” Jurnal An-Nisa’ 13 (2): 1–8. https://doi.org/10.30863/an.v13i2.3990.
  2. Al-sabbagh, Rania. 2024. “The Negative Transfer Effect on the Neural Machine Translation of Egyptian Arabic Adjuncts into English : The Case of Google Translate.” International Journal of Arabic-English Studies (IJAES) 24 (1). https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.33806/ijaes.v24i1.560.
  3. Alqarni, Ahmed, Andy Bown, Darren Pullen, and Jennifer Masters. 2020. “Mobile Assisted Language Learning in Learning Arabic as a Second Language in Saudi Arabia” 6256: 108–15. https://doi.org/10.36348/sjhss.2020.v05i02.009.
  4. Amirudin, Noor. 2017. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab.” Tamaddun Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 1–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.66.
  5. Baso Pallawagau, Rasna. 2022. “Pemerolehan Bahasa Asing Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Pemerolehan Bahasa Arab).” JAEL : Journal of Arabic Education and Linguistic 2 (2): 64–76. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/jael.v2i2.31151 Pemerolehan.
  6. Berry, John W. 2005. “Acculturation : Living Successfully in Two Cultures.” Internasional Journal of Intercultural Relation 29: 697–712. https://doi.org/10.1016/j.ijintrel.2005.07.013.
  7. Bibauw, Serge, Universidad Central, and K U Leuven. 2022. “Dialogue Systems for Language Learning : A Meta-Analysis” 26 (1): 1–24.
  8. Dalal Mohamad Al-Zoubi, Mohamad Ahmad Abu-Eid. 2017. “The Influence of the First Language (Arabic) on Learning English as a Second Language in Jordanian Schools, and Its Relation to Educational Policy: Structural Errors,” no. April 2014.
  9. Desmeules-trudel, Félix, and Tania S Zamuner. 2023. “Spoken Word Recognition in a Second Language : The Importance of Phonetic Details.” https://doi.org/10.1177/02676583211030604.
  10. Elder, John P, Shelia L Broyles, and Jesse J Brennan. 2005. “Acculturation , Parent – Child Acculturation Differential , and Chronic Disease Risk Factors in a Mexican-American Population Maria Luisa Z U.” Springer Link 7 (1). https://doi.org/10.1007/s10903-005-1385-x.
  11. Fathoni. 2021. “Pentingnya Penguasaan Dalam Bahasa Arab Bagi Pendakwah.” Modeling Jurnal Program Studi PGMI 8 (1): 140–52. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/modeling.v8i1.917.
  12. Fatmawati, Suci Rani. 2015. “Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik.” Lentera 17 (1): 63–75. https://doi.org/https://doi.org/10.21093/lj.v17i1.429.
  13. Hendrowati, Tri Yuni. 2015. “Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui Pembelajaran Asimilasi Dan Akomodasi Teori Konstruktivisme Piaget.” JURNAL E-DuMath 1 (1).
  14. Hidayah, Nurul. 2019. “Peluang Dan Tantangan Pemerolehan Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Psikolinguistik Pada Pembelajaran Bahasa Arab ).” Taqdir 5 (2): 65–76. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.19109/taqdir.v5i2.4922.
  15. Hidayah, Ulfa Khusnatul, Mohamad Jazeri, and Binti Maunah. 2021. “Teori Pemerolehan Bahasa Nativisme LAD.” BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 6 (2): 177–88.
  16. Mahmuda, Siti. 2018. “Media Pembelajaran Bahasa Arab” 20 (01). https://doi.org/https://doi.org/10.32332/an-nabighoh.v20i01.1131.
  17. Mahmudi, Muhammad. 2016. “Penerapan Teori Behavioristik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Kajian Terhadap Pemikiran BF. Skinner).” Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab, 429–35.
  18. Mardiyani, Kiki. 2022. “Tujuan Dan Penerapan Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran.” Jurnal Ilmu Pendidikan Kearifan Lokal 2 (5): 260–71.
  19. Margolis, Eric, and Stephen Laurence. 2012. “In Defense of Nativism.” Springer Link 165: 693–718. https://doi.org/10.1007/s11098-012-9972-x.
  20. Mimi Jelita, Lucky Ramadhan, Andy Riski Pratama, Fadhilla Yusri, Linda Yarni. 2023. “Teori Belajar Behavioristik.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling 5: 404–11.
  21. Moghazy, Mohamed. 2021. “Teaching and Learning Arabic as a Second Language : A Case Study of Dubai” 10 (05): 52–61.
  22. Nafila, Ariane, Dewi Utami, and Dadan Mardani. 2023. “Teori Belajar Behaviorisme Ivan Pavlov Dan Implikasinya Dalam” 05 (04): 12332–44.
  23. Nahar, Novi Irwan. 2016. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.” Nusantara (Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ) 1 (1).
  24. Nasution, Novita Sari, and Lahmuddin Lubis. 2023. “Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Simki Pedagogia 6 (1): 181–91. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jsp.v6i1.227.
  25. Nursalim, Hantika Aulia. 2023. “Teori Belajar Bahasa Indonesia.” Gurindam: Jurnal Bahasa Dan Sastra 3 (1): 52–63.
  26. Prananingrum, Afiffah Vinda, Ikhwan Nur Rois, and Anna Sholikhah. 2020. “Kajian Teoritis Media Pembelajaran Bahasa Arab.” Prosiding Konfererensi Nasional Bahasa Arab 6: 303–19.
  27. Sanjani, Maulana Akbar. 2020. “Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar.” Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6 (1): 35–42. https://doi.org/https://doi.org/10.37755/sjip.v6i1.287.
  28. Sapriyah. 2019. “Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2 (1): 470–77.
  29. Silaswati, Diana. 2019. “Analisis Wacana Kritis Dalam Pengkajian Wacana.” Metamorfosis Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya 12 (April): 1–10.
  30. Sirajudeen, Adam, and Abdulwahid Adebisi. 2012. “Teaching Arabic as a Second Language in Nigeria” 66: 126–35. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.11.254.
  31. Suheri. 2019. “Akomodasi Komunikasi.” Jurnal Network Media 2 (1): 40–48. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jnm.v2i1.447.
  32. Syahid, Ahmad Habibi. 2015. “BAHASA ARAB SEBAGAI BAHASA KEDUA ( KAJIAN TEORETIS PEMEROLEHAN BAHASA ARAB PADA SISWA NON-NATIVE ) Abstrak Pendahuluan Kajian Tentang Pemerolehan Bahasa” 2 (1): 86–97.
  33. Tialani, Karyani Tri, and Yusak Hudiyono. 2023. “AKULTURASI DAN EFEKTIFITAS PENYERAPAN BAHASA KEDUA DI LINGKUNGAN FORMAL MELALUI PRINSIP PSIKOLINGUISTIK (STUDI KASUS: DI SMAN 1 BERAU).” Jurnal Cakrawala Ilmiah 2 (5): 1911–20.
  34. Tri Wiratno, Riyadi Santosa. 2014. Bahasa, Fungsi Bahasa, Dan Konteks Sosial.
  35. Utami, Lokita Purnamika. 2016. “Teori Konstruktivisme Dan Teori Sosiokultural: Aplikasi Dalam Pengajaranbahasa Inggris.” Prasi : Jurnal Bahasa, Seni Dan Pengajarannya 11 (01): 4–11.