TEKS IKLAN DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) KELAS VIII SMP KURIKULUM 2013 : ANALISIS KESESUAIAN SERTA KETIDAKSESUAIAN STRUKTUR DAN KAIDAH KEBAHASAAN
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis mengenai kesesuaian dan ketidaksesuaian struktur maupun kaidah kebahasaan teks iklan yang terdapat dalam buku teks BSE Bahasa Indonesia kelas VIII SMP dengan standar kompetensi Kurikulum 2013. Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu analisis konten deskriptif, yaitu dengan menganalisis serta mengkaji kesesuaian teks iklan dengan struktur dan kaidah bahasa yang tepat. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan teks iklan yang terdapat pada materi teks iklan dalam buku sekolah elektronik bahasa Indonesia SMP kelas VIII. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh data, bahwa tingkat kesesuaian struktur teks iklan yaitu pada pengenalan produk sebesar 88%, pernyataan perusatif 68%, slogan 64%, gambar – gambar produk 72%, nama dan logo perusahaan sebesar 68%. Sedangkan pada kaidah kebahasan bagian persuasif 72%, imperatif 48%, berirama 8%, berkesan positif 76%, ringkas 84%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu informasi untuk mengetahui mengenai tingkat kualitas kesesuaian struktur dan kaidah kebahasaan teks iklan yang terdapat dalam BSE Bahasa Indonesia kelas VII SMP kurikulum 2013.