Pelaksanaan Supervisi Pengajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi MI Ma’arif NU 01 Blater, Kalimanah, Purbalingga)

  • Mujibur Rohman Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
  • Yeni Witdianti Universitas Muhammadiyah Sorong
Keywords: Supervisi, profesionalisme, guru

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai UKG 2015 dan 2016 dengan nilai akumulasi rata-rata 50, hal ini mendeskripsikan belum terpenuhinya indikator guru profesional, apalagi mengarah kepada profesionalisme guru. Problematika tersebut perlu segera dibenahi salah satunya dengan pelaksanaan supervisi pengajaran, dimana supervisi merupakan salah satu unsur penentu keberhasilan pelaksana pembelajaran bermutu. Diharapkan dengan pelaksanaan supervisi guru akan semakin meningkat nilai profesionalismenya dan mampu secara mandiri mewujudkan guru profesional. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga langkah yang dilakukan dalam melaksanakan supervisi pengajaran dalam meningkatkan profeisonalisme Guru di MI. Berdasarkan paparan dan interpretasi data yang ada serta mengacu pada landasan teori yang berkaitan dengan pelaksanaan supervisi pengajaran dalam meningkatkan profesionalisme Guru MI Ma’arif NU 01 Blater Kalimanah Purbalingga dalam penelitian ini maka dapat diambil beberapa kesimpulan bahwa Pelaksanaan supervisi pengajaran dalam meningkatkan profesionalisme Guru di MI Ma’arif NU 01 Blater Kalimanah Purbalingga dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan supervisi pengajaran dilakukan dengan mengambil pendekatan Humanistik dan Ilmiah, selain itu supervisi dilakukan dengan multi teknik yaitu kunjungan dan observasi kelas, pembicaraan/ pertemuan indiviu, dan diskusi kelompok. Dan Supervisi pengajaran dalam meningkatkan profeisonalisme di MI Ma’arif NU 01 Blater Kalimanah Purbalingga adalah mampu meningkatkan profesionalisme guru pada kompeteni pedagogik, kepribadian, professional, dan kompetensi sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-08
How to Cite
Rohman, M., & Witdianti, Y. (2021). Pelaksanaan Supervisi Pengajaran dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru (Studi MI Ma’arif NU 01 Blater, Kalimanah, Purbalingga) . Journal of Language Learning and Research (JOLLAR), 3(2), 75-87. https://doi.org/10.22236/jollar.v3i2.7403