Peningkatah Keterampilan Menulis Deskriptif Bahasa Inggris Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 29 Jakarta Melalui "Project-Based Learning”

Dwi Mulyani, Ade Hikmat, Nani Solihati

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis melalui model pembelajaran berbasis projek pada peserta didik kelas X IPA 1  SMA  Negeri 29 Jakarta. Subjek penelitian adalah pada peserta didik kelas X IPA 1  SMA Negeri 29 Jakarta  yang berjumlah 36 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Tindakan pembelajaran siklus 1 peserta didik diminta langsung menuliskan  deskripsi sebuah tempat wisata.  Peserta didik  mengalami kendala dalam aspek kebahasaan (kosa kata dan struktur kalimat yang digunakan) dan aspek nonkebahasaan (keberanian, kejujuran, dan sikap). Siklus II lebih difokuskan pada aspek kebahasaan (kosakata, struktur kalimat dan  tanda baca ) dan aspek non- kebahasaan (kelancaran dan penguasaan materi) yang masih kurang. Sistem evaluasi yang digunakan untuk penelitian ini adalah isi, organisasi, kosakata, tata bahasa, dan mekanisme. Peningkatan ditunjukkan dengan hasil nilai keterampilan menulis peserta didik. Peningkatan yang terjadi yaitu: (1) rata-rata nilai pra-siklus peserta didik  sebesar 72,75 naik menjadi  78,06; (2) rata-rata nilai evaluasi siklus I sebesar 78,06 dengan persentase ketuntasan sebesar 50%; (3) rata-rata nilai evaluasi siklus II sebesar 84,46 dengan persentase ketuntasan 84,37%.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Dwi Mulyani
dwi_mulyani@uhamka.ac.id (Primary Contact)
Ade Hikmat
Nani Solihati
Mulyani, D., Hikmat, A., & Solihati, N. . (2020). Peningkatah Keterampilan Menulis Deskriptif Bahasa Inggris Siswa Kelas X Ipa 1 Sma Negeri 29 Jakarta Melalui "Project-Based Learning”. Journal of Language Learning and Research, 3(1), 12–17. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/jollar/article/view/7226
Copyright and license info is not available

Article Details