Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi melalui Media Jejaring Sosial Facebook
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis narasi siswa kelas IXA MTs Negeri 14 Jakarta melalui media jejaring sosial facebook. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan yang berlangsung 2 siklus. Siklus 1 dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Siklus kedua memberikan kegiatan tambahan sebagai perbaikan perlakuan berdasarkan hasil refleksi siklus pertama. Hasil tes awal (pretes) kemampuan menulis narasi siswa rata-rata 63.4. Hasil tes akhir siklus I nilai rata-rata siswa meningkat dari 63,4 menjadi 68, dari 36 siswa siklus l hanya 11 siswa yang berhasil mencapai skor 70. Tes akhir siklus II lebih meningkat lagi dengan nilai rata-rata siswa 74,2. Seluruh subjek penelitian sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yaitu 70. Dengan demikian, media jejaring sosial facebook dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar menulis narasi siswa Kelas IXA MTs Negeri 14 Jakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.