Strategi Belajar Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Bacaan Siswa

Sobri Sobri

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui efektivitas metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam meningkatkan pemahaman bacaan bahasa Indonesia siswa. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan studi pustaka dari berbagai sumber yang ada relevansi dengan upaya peningkatan pemahaman bacaan siswa. Adapun hasilnya dapat disimpulkan bahwa metode SQ3R dapat meningkatkan pemahaman bacaan siswa. Hal ini terbukti siswa menjadi pembaca yang aktif dan terarah sehingga mereka dapat memahami isi bacaan yang tersirat dan yang tersurat secara efektif, adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi siswa, dan perbedaan hasil belajar nilai rata-rata membaca bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Mathla'ul Anwar Menes. Dengan demikian, metode  SQ3R sangat tepat digunakan dalam pembelajaran membaca untuk meningkatkan pemahaman bacaan secara optimal. Namun demikian, mengingat adanya beberapa keterbatasan pada penelitian ini maka perlu dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan data yang lebih besar dengan persentase observasi yang lebih tinggi untuk menjamin akurasi data.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Sobri Sobri
Sobri, S. (2017). Strategi Belajar Sq3r (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Bacaan Siswa. Journal of Language Learning and Research, 1(1), 57–75. https://doi.org/10.22236/jollar.v1i1.1242
Copyright and license info is not available

Article Details