Diksi dan Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Nasional dan Kaitannya dengan Pembelajaran Menulis Teks Puisi Kelas X SMA Negeri 1 Sungailiat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan diksi dalam lirik lagu nasional, gaya bahasa dalam lirik lagu nasional, dan mendeskripsikan keterkaitan antara diksi dan gaya bahasa dalam lirik lagu nasional dengan pembelajaran menulis teks puisi kelas X SMA. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi (content analysis) dengan metode penelitian yang terdiri dari beberapa tahapan. Tahap pertama dimulai dari pengumpulan data, penyeleksian data, menganalisis data dalam tabel, dan menyimpulkan data. Penelitian ini tidak terkait pada suatu tempat karena objek yang dikaji berupa naskah (teks), yaitu 10 lirik lagu nasional. Data pada penelitian ini adalah lirik lagu-lagu nasional yang terdiri dari 10 lagu, yakni (1) Ku Lihat Ibu Pertiwi, (2) Halo-Halo Bandung, (3) Indonesia Raya, (4) Bagimu Negri, (5) Satu Nusa Satu Bangsa, (6) Rayuan Pulau Kelapa, (7) Bangun Pemudi Pemuda, (8) Mengheningkan Cipta, (9) Garuda Pancasila, dan (10) Indonesia Pusaka. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumen. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut. (1) Diksi yang digunakan dalam lirik-lirik lagu nasional menggunakan dua diksi, yakni diksi yang bermakna denotatif dengan diksi yang bermakna konotatif. Diksi yang bermakna denotatif yang paling dominan digunakan dalam lirik lagu nasional. Tujuan penggunaan diksi yang bermakna denotatif adalah agar pesan yang ingin disampaikan dalam setiap lirik lagu dapat tersampaikan kepada seluruh masyarakat Indonesia. (2) Gaya bahasa yang digunakan dalam lirik lagu nasional diantaranya gaya bahasa metafora, personifikasi, hiperbola, paradoks, epitet, elipsis, aliterasi, asonansi, epizeukis, tautotes, dan anafora. Tujuan penggunaan gaya bahasa dalam lirik lagu nasional adalah meninggikan selera, mempengaruhi atau meyakinkan pendengar, menciptakan keadaan perasaan hati tertentu, dan memperkuat efek terhadap gagasan. (3) Hasil analisis penggunaan diksi dan penggunaan gaya bahasa yang terdapat dalam lirik lagu nasional dapat dikaitkan dengan pembelajaran menulis teks puisi. Pembelajaran menulis teks puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya merupakan materi KD 4.17.
This thesis aims to describe the use of diction in the lyrics of the national anthem, the style of language in the lyrics of the national anthem, and to describe the relationship between diction and language style in the lyrics of the national anthem with learning to write poetry texts for class X SMA. The method used is the method of content analysis (content analysis) with a research method consisting of several stages. The first stage starts from collecting data, selecting data, analyzing data in tables, and concluding data. This research is not related to one place because the object studied is in the form of a text (text), namely 10 national anthem lyrics. The data in this study are the lyrics of national songs consisting of 10 songs, namely (1) Ku Lihat Ibu Pertiwi, (2) Halo-Halo Bandung, (3) Indonesia Raya, (4) Bagimu Negri, (5) Satu Nusa Satu Bangsa, (6) Rayuan Pulau Kelapa, (7) Bangun Pemudi Pemuda, (8) Mengheningka Cipta, (9) Garuda Pancasila, and (10) Indonesia Pusaka. Sources of data used in this study is a document. The results of the study can be concluded as follows. (1) The diction used in the lyrics of the national anthem uses two dictions, namely diction with denotative meaning and diction with connotative meaning. The most dominant denotative diction used in the lyrics of the national anthem. The purpose of using diction with denotative meaning is so that the message to be conveyed in each song lyric can be conveyed to all Indonesian people. (2) The language styles used in the lyrics of the national anthem include metaphor, personification, hyperbole, paradox, epithet, ellipsis, alliteration, assonance, epizeukis, tautotes, and anaphora. The purpose of using figurative language in the lyrics of the national anthem is to increase the taste, influence or convince the listener, create a certain mood, and strengthen the effect on ideas. (3) The results of the analysis of the use of diction and the use of language styles contained in the lyrics of the national anthem can be related to learning to write poetry texts. Learning to write poetry texts by paying attention to the building blocks is KD 4.17 material.