KORELASI ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV

Soelis Setyoningrum

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara penggunaan media dengan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV di SD Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan. Hipotesis yang penulis ajukan adalah:


H1: terdapat korelasi yang positif antara penggunaan media pembelajaran dengan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV semester genap di SDN Jatimulya 02.


H12: terdapat korelasi yang positif antara penguasaan diksi dan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV semester genap di SDN Jatimulya 02.


: Terdapat hubungan yang positif antara penggunaan media pembelajaran dan penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV semester genap di SDN Jatimulya 02. Populasi sampel yang diteliti berjumlah 30 siswa dari kelas IVB. Penelitian dilakukan mulai bulan Maret dampai dengan Juni 2021. Data yang digunakan berupa skor yang diperoleh dari skor angket mengenai penggunaan media pembelajaran, skor penguasaan diksi dan hasil tes keterampilan menulis puisi. Adapun uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Pearson product moment yang dilakukan menggunakan SPSS 25.0. Hasilnya, diperoleh kesimpulan statistik bahwa terdapat korelasi positif antara penggunaan media pembelajaran dengan keterampilan menulis, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi penggunaan media terhadap keterampilan menulis sebesar .319, lebih besar dari skor penguasaan diksi terhadap keterampilan menulis memiliki nilai koefisien korelasi sebesar .194. Koefisien korelasi antara penggunaan media dan keterampilan menulis lebih dekat dengan 1 maka, penggunaan media dan keterampilan menulis memiliki hubungan lebih kuat.


 


This study aims to ensure that there is a correlation between the usage of learning media towards poetry writing skills of grade IV students of SDN Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan.


The research hypothesis that the author proposes are:


H1: there is a positive correlation between media and poetry writing skills of grade IV students of SDN Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan.


H12: there is a positive correlation between diction mastery and poetry writing skill of grade IV students of SDN Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan.


: positive correlation between media usage and diction mastery and poetry writing skills of grade IV students of SDN Jatimulya 02 Kecamatan Tambun Selatan.


The population samples researched are from class IVB with 30 students. The research is held from March 2021 until June 2021. The data used is the score of questionarre about the media that teacher used and student’s diction mastery score and students’ writing test score in poetry. Hypothesis test is done using Pearson’s Product Moment in SPSS 25.0. The result comes that it is statistically proven that there is a positive correlation between media usage and poetry writing skills. The coefficient correlation of score of media usage towards poetry writing skill is .319 which is much bigger than the coefficient correlation of diction mastery towards poetry writing skill that is only .194. The correlation between media usage is much closer to 1, that means it has stronger positive correlation.

Full text article

Generated from XML file

Authors

Soelis Setyoningrum
Soelis.s@gmail.com (Primary Contact)
Setyoningrum, S. (2023). KORELASI ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN DIKSI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS IV. Journal of Language Learning and Research, 6(1), 11–25. https://doi.org/10.22236/jollar.v6i1.11339
Copyright and license info is not available

Article Details