Perkembangan Madrasah Diniyah Putri Pekanbaru Sebagai Lembaga Pendidikan Kaum Perempuan di Riau (1970-2005)

Main Article Content

Tita Zidni Ilma
Ahmal
Asril

Abstract

Madrasah Diniyah Putri Pekanbaru Riau merupakan salah satu lembaga pendidikan khusus putri yang mencakup tingkat Tsanawiyah (MTs) dan Aliyah (MA) yang ditujukan pada anak-anak yang memiliki keterbatasan ekonomi. Dalam dinamikanya madrasah ini sering kali mengalami gejolak dalam berbagai aspek namun tetap mampu keluar dan sampai sekarang tetap menunjukan eksistensinya. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui sejarah berdirinya Madrasah Diniyah Putri Pekanbaru,  perkembangan serta faktor penghambat dan pendorong dari berkembangnya Madrasah Diniyah Putri Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan historis, metode pengumpulan data berdasarkan kajian lapangan berupa dokumentasi dan wawancara serta studi arsip dan pustaka, dengan melalui berbagai tahap seperti pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Topik yang dipilih dalam hal ini berupa perkembangan madrasah diniyah putri Pekanbaru Riau pada 1970-2005. Kemudian setelah itu dikumpulkanlah berbagai sumber yang relevan dan dianalisis secara mendalam serta diinterpretasikan hingga pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan dan dituliskan. Hasil dari tulisan ini berupa: sejarah madrasah Diniyah Putri Pekanbaru serta faktor penghambat dan pendorong perkembangan madrasah Diniyah Putri Pekanbaru.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Armitis. (2021 , Februari 1 11). Perkembangan Madrasah Diniyah Putri Pekanbaru . (T. Z. Ilma, Pewawancara)
Chaidir, E. (2021 , Februari 22). Perkembangan Madrasah Diniyah Putri di awal pembangunan . (T. Z. Ilma, Pewawancara)
Chaidri, E. (2021 , April 9). Tujuan Awal berdirinya Diniyah Putri Pekanbaru . (T. Z. Ilma, Pewawancara)
Adurahman, Dudung (2007). Metodologi Penelitian Sejarah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Rohyani (2015). Pemikiran Pendidikan Agama Islam dalam Prespektif Prof. Achmadi. Mudarrisa : Jurnal Kajian Pendidikan Islam , 178.
Foundation, P. R. (2018). Chadijah Ali Tokoh Pejuang Pendidikan Riau . Pekanbaru : Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau .
Jannah, F. (2013). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional . Dinamika Ilmu , 161.
Kosim, M. (2017). Madrasah di Indonesia (Pertumbuhan dan Perkembangan). Tadris , 42.
Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah : Suatu Tinjauan Historis. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam , 184.
Wilaela. (2014). Pendidikan Perempuan di Riau Era Kemerdekaan . Pekanbaru : LPPM UIN Sultan Syarif Kasim Riau .
Wilaela, dkk (2018). Prospografi Tokoh Perempuan Pendidik di Riau (1927-2016). Pekanbaru : ASA Riau .
Windari, E. S. (2017). Peranan Chadijah Ali dalam Memajukan Pendidikan Perempuan di Kota Pekanbaru 1946-1986. Jom Unri , 7.

DB Error: Unknown column 'Array' in 'where clause'