Main Article Content

Abstract

Beberapa hal yang menjadi masalah dalam skripsi ini yaitu perbedaan corak kelas sosial dan etnis antara penjual dan pembeli, perbedaaan luas kios akan menimbulkan potensi konflik etnis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif-analisis Fenomenologi. Hasil yang diperoleh dari penelitian Potensi konflik yang ada di Pasar Induk Kramat Jati memang selalu timbul walaupun hanya di permukaan dan tidak nampak secara langsung. Penelitian menunjukan Beragam etnis yang berada di Pasar Induk Kramat Jati itu tidak serta merta diyakini tanpa ada gesekan yang terjadi, karena adanya beberapa faktor yang mempengaruhi, yaitu perbedaan pandangan, agama yang dianut, modal dalam berdagang dan lahan-lahan dagangan yang strategis. Faktor-faktor yang inilah yang membuat adanya petensi- potensi konflik entah itu horizontal maupun vertikal dan potensi-potensi itu antara lain, pungutan liar dan kebijakan kepala pengelola yang pilih kasih.

Keywords

Konflik Etnis Pasar Induk

Article Details

References

  1. Agus Salim. 2006. Teori & Paradigma penelitian Sosial. Yogyakarta. Tiara Wacana.
  2. Agus Surata. 2001. Atasi Konflik Etnis. Yogjakarta: Global Pustaka Utama.
  3. Alo Liliweri. 2005. Prasangka dan Konflik: Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultural. Yogyakarta. LKIS press.
  4. Amri Marzali. 2005. Antroplogi dan Pembangunan Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
  5. Dean Pruitt & Jeffrey Z. 2004. Teori Konflik sosial (Social conflict, escalation,statemate, and setttlement terj. Helly P soetjipto dan sri mulyantini soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  6. Fredrick Barth. 2008. Kelompok Etnis dan Batasannya. UI Press.
  7. Giring. 2004. Madura Dayak dari Konflik ke Rekonsiliaasi. Yogyakarta: Galang Press. Halm 108.
  8. Noor Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
  9. Perspektif Islam Jakarta. Laboratorium Sosiologi Agama. poloma Margaret M. 1984. Sosiologi Kontenporer. Jakarta: CV Rajawali Pers.
  10. Razak, Yusron (ed.) 2008. Sosiologi Sebuah Pengatar: Tinjauan Pemikiran Sosiologi
  11. Soetrisno & Loekman. 2003. Konflik Sosia; Studi Kasus Indonesia. Yogyakarta: Tajidu Press.
  12. Surata, Agus, dkk (penyunting). 2001. Atasi Konflik Etnis. Jogjakarta: Global Pustaka Utama bekerjasama dengan GHARBA dan UPN "VETERAN”.
  13. Soekanto Soerjono. 1984. Teori Sosiologi Tentang Pribadi Dalam Masyarakat. Jakarta: Ghalia Indonesia.
  14. Veeger. 1990. Realitas Sosial Refleksi Filsafat Sosial atas hubungan Individu- Masyarakat Dalam Cakrawala Sejarah Sosiologi. Jakarta. Gramedia.