Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan lawatan sejarah melalui historical visit museum sebagai kreasi media inovatif dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini dengan menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Komponen-komponen yang menjadi fokus penelitian ini, yaitu; 1) Memposisikan museum sebagai kreasi media inovatif Pembelajaran Sejarah, 2) Koleksi Museum Perumusan Naskah Proklamasi dan Museum Kebangkitan Nasional, 3) Mengemas Museum sebagai Kreasi Media Inovasi. Penelitian ini dilakukan dengan studi literatur dan kajian pustaka, teknik pengumpulan data menggunakan teknik analisis deskriptif. Validitas data menggunakan trianggulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, pengujian data, dan penarikan simpulan yang berinteraksi dengan pengumpulan data secara siklus. Pengintegrasian museum dalam proses pembelajaran sejarah sangat penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan membangkitkan minat belajar siswa. dengan memanfaatkan museum sebagai kreasi media inovatif dalam pembelajaran sejarah guru dapat menghadirkan materi sejarah secara konkret, memperkaya pengalaman belajar terhadap siswa, serta mendorong keterlibatan aktif dalam pembelajaran sejarah.

Keywords

Lawatan Sejarah Museum Media Inovatif

Article Details

References

  1. Ahmad, Tsabit Azinar. 2010; “Strategi Pemanfaatan Museum sebagai Media Pembelajaran pada Materi Zaman Pra Sejarah”, Paramita Historical Studies Journal.
  2. Ahmad, T.A. 2005; Memahami Zaman Prasejarah dengan Optimalisasi Media Pembelajaran. Semarang: Pendidikan Sejarah IIIA.
  3. Anderson. Perry. 1998; The Mercilles Laboratory of History. Usa; University of Minnesota Press.
  4. Arrasuly., dkk. 2018; Pemanfaatan Museum Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Sejarah. Visipena.
  5. Baharun, H. 2016; Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model Assure. Cendekia: Journal Of Education And Society.
  6. Birsyada, Muhammad Iqbal. 2016; Dasar-Dasar Pendidikan IPS (Suatu Pendekatan Teoritis dan Praktis). Jakarta; Ombak.
  7. Bustam. 2024. Belajar Sejarah: Memahami Masa Lalu Dalam Perspektif Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah
  8. Falk, John H. dan Lynn D. Dierking. 2018; Learning From Museums. Usa; Rowman & Littlefield
  9. Firmadani, F. 2020; Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional.
  10. Greenhill-Hooper. 1988; Museums in education: working with other organizations’, working with museums. Edinburgh; Scottish Museums Council
  11. Http://Ejurnal.MercubuanaYogya.Ac.Id/Index.Php/Prosiding_Kopen/Article/View/1084/660
  12. Handayani, & Harie. 2021; Museum Bahari Sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Alur Sejarah: Jurnal Pendidikan Sejarah. Volume 4 No. 2.
  13. Jarolimek, J. Dan Parker, W.C. 1993; Social Studies Elementary Education. 9th.Ed. New York: Mac Millian Publishing Co.
  14. Kochar, S. K. 2008; Pembelajaran Sejarah. Penerjemah Purwanta dan Yofita Hardiwati. Jakarta: Grasindo.
  15. Kristanto, 2016; Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang.
  16. Miftah, M., 2013; Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN.
  17. Minister of Education, Culture and Science. 2013; Exploration: Being a Teacher. Den Haag: Education Council, The Hague.
  18. Munir. 2017; Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
  19. Mustafa, M. N., Hermandra, Suarman, & Zulhafizh. 2019; Manajerial Pembelajaran Kreatif: Menjadi Guru Jitu. Yogyakarta: Mirra Buana Media.
  20. Parisier, Jeanine. 2010; Contextual Practice: Assamblage and the erotic in postwar poetry and art. California; Stanford University Press
  21. Pratiwi, dkk, 2022; Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital Di Abad-21. Best Jurnal. Vol 5 (2).
  22. Rusmiati, dkk. 2018; Katalog Museum Indonesia Jilid I. Jakarta: Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman
  23. Sadiman, Arief W., dkk. 2002: Media Pendidikan: Pengertian, Perkembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.
  24. Sayono, J. 2015; Pembelajaran Sejarah di Sekolah: Dari Pragmatis ke Idealis. Jurnal Sejarah dan Budaya.
  25. Satria, T. G., & Egok, A. S. 2020; Pengembangan Etnosains Multimedia Learning Untuk Meningkatkan Kognitif Skill Siswa Sd Di Kota Lubuklinggau. Jurnal Basicedu.
  26. Silahuddin, S. 2015; Penerapan E-Learning Dalam Inovasi Pendidikan. Circuit: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro.
  27. Smith, L. 2006; Uses of Heritage. London; Routladge
  28. Sofiarini, A., & Susilo, Agus. 2020; Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 4.
  29. Subakti, Y. R. 2010; Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Jurnal SPPS.
  30. Supriatna, N., & Maulidah Neni. 2020; Pedagogi Kreatif. PT. Remaja Rosdakarya
  31. Susilo, Agus & Sofiarini, A. 2020; Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan.