Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Siswa Kelas VII : Materi Aritmetika Sosial : Pendekatan Kualitatif Eksploratif

Dela kristia, Mahmudi Nur Absori

Abstract

Pemahaman konsep aritmetika sosial pada siswa kelas VII merupakan dasar penting dalam membangun keterampilan matematika yang lebih kompleks. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi profil pemahaman konsep siswa pada materi aritmetika sosial melalui pendekatan kualitatif eksploratif. Penelitian ini melibatkan siswa kelas VII di beberapa sekolah sebagai subjek penelitian, dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan tes untuk mengidentifikasi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep dasar dalam aritmetika sosial, seperti persen, diskon, dan bunga sederhana. Data dianalisis secara tematik untuk menggali pola pemahaman dan kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami materi. Hasil penelitian menunjukkan adanya variasi dalam pemahaman konsep siswa, di mana sebagian siswa menunjukkan pemahaman yang baik terhadap operasi dasar, namun kesulitan dalam menerapkan konsep tersebut pada situasi kontekstual. Beberapa siswa juga mengalami kebingungan terkait penerapan rumus dalam konteks kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan wawasan tentang profil pemahaman siswa pada materi aritmetika sosial dan mengusulkan pentingnya pendekatan yang lebih kontekstual dan berbasis pengalaman dalam pengajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Full text article

Generated from XML file

References

Duffin, J. M., & Simpson, A. . (2000). A search for understanding. The Journal of Mathematical Behavior, 18(4), 415–427. https://doi.org/10.2307/214911
Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 120–135.
Pranata, E. (2016). Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 34. https://doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80
Rahayu, W. D., Rohaeti, E. E., & Yuliani, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa MTs di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 4(1), 79. https://doi.org/10.29407/jmen.v4i01.11998
Susanti, E., Murni, A., & Anggraini, R. D. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas X Mia 2 Man 2 Model Pekanbaru Melalui Penerapan Discovery Learning. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 1–11. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/7146
Wulandari, D., Rukmigarsari, E., & FaradibaSari, S. (2019). Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis melalui Model Cooperative Learning Tipe Pair Checks pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(7), 28–39.
Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran. Jurnal Cendekia"¯: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91–100.

Authors

Dela kristia
delakristia25@gmail.com (Primary Contact)
Mahmudi Nur Absori
kristia, D., & Absori, M. N. (2025). Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Siswa Kelas VII : Materi Aritmetika Sosial : Pendekatan Kualitatif Eksploratif. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i1.8875

Article Details