Mengintegrasikan Budaya dalam Pembelajaran Matematika Kontekstual: Strategi Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar

Putri Nur Afifah, Hanim Faizah

Abstract

Kemampuan numerasi siswa SD masih tergolong rendah, terlihat dari hasil observasi di SDN Manukan Kulon VI yang menunjukkan tidak ada siswa mencapai nilai sempurna.Tujuan utama adalah mengetahui penguatan kemampuan numerasi siswa melalui pembelajaran inovatif Contextual Teaching and Learning (CTL) berbasis budaya lokal dengan memanfaatkan permainan tradisional dakon pada materi Kelipatan Persekutuan Kecil (KPK). Penelitian kuantitatif ini mengadopsi desain pre-eksperimen dengan model One Group Pretest-Posttest Design dan melibatkan 30 siswa kelas V-A SDN Manukan Kulon VI. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest dengan instrumen yang berupa soal uraian berdasarkan indikator numerasi. Temuan penelitian menunjukkan adanya kenaikan rata-rata skor dari 53,8 pada pretest menjadi 81,6 pada posttest. Perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest ditunjukkan oleh nilai thitung 9,961 dan signifikansi 0,000 dari uji paired sample t-test dengan selisih rata-rata sebesar -27,867. Pembelajaran CTL berbasis budaya lokal terbukti memperkuat kemampuan numerasi dan menjadikan pembelajaran lebih kontekstual dan bermakna.


 


Elementary school students' numeracy skills are still relatively low, as seen from the results of observations at SDN Manukan Kulon VI which showed that no students achieved perfect scores. The main objective was to determine the strengthening of students' numeracy skills through innovative Contextual Teaching and Learning (CTL) learning based on local culture by utilizing the traditional dakon game on the Smaller Multiples (KPK) material. This quantitative study adopted a pre-experimental design with the One Group Pretest-Posttest Design model and involved 30 students in grade V-A of SDN Manukan Kulon VI. Data were collected through pretest and posttest with instruments in the form of descriptive questions based on numeracy indicators. The research findings showed an increase in the average score from 53.8 in the pretest to 81.6 in the posttest. The significant difference between the pretest and posttest results was indicated by the t-test value of 9.961 and a significance of 0.000 from the paired sample t-test with an average difference of -27.867. CTL learning based on local culture has been proven to strengthen numeracy skills and make learning more contextual and meaningful.

Full text article

Generated from XML file

References

Abadi, M. K., Firdaus, F., Sari, F. A., Yanuar, M., & Hasanah, H. (2023). Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan Media Ajar Berbasis Lokal yang Kekinian. ABDIKARYA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 5(02), 106-112. https://doi.org/10.47080/abdikarya.v5i02.3165
Crossref

Abdulrahim, N. A., & Orosco, M. J. (2020). Culturally responsive mathematics teaching: A research synthesis. The Urban Review, 52(1), 1-25. https://doi.org/10.1007/s11256-019-00509-2
Crossref

Aristiyanto, R., Gunawan, M. A., Khoirunnisa, E., Warpaatun, W., Arif, S., Hantoro, N., Sufia, N. V., & Rizkiana, Y. (2023). The Effectiveness of Contextual Numeracy Learning Innovation In Enhancing Understanding of Basic Mathematical Operations. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(4), 1183-1188.

Astuti, E. P., Wijaya, A., & Hanum, F. (2024). Characteristics of junior high school teachers' beliefs in developing students' numeracy skills through ethnomathematics-based numeracy learning. Journal of Pedagogical Research, 8(1), 244-268. https://doi.org/10.33902/JPR.202423405
Crossref

Bakhrodin, B., Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 7(2), 113-124. https://doi.org/10.25139/smj.v7i2.1921
Crossref

Basri, H., Kurnadi, B., Tafriliyanto, C. F., & Nugroho, P. B. (2021). Investigasi kemampuan numerasi mahasiswa calon guru matematika. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 72-79. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i2.1318
Crossref

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85-114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Crossref

Gunawan, F. I. (2019). Kajian Etnomatematika Serta Analisis Aktivitas Fundamental Matematis Menurut Bishop pada Industri Kain Cual Bangka Belitung. Yogyakarta: Program S2 Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sanata Dharma.

Hadi et al. (2021). Analisa Kemampuan Literasi Numerasi dan Self-Efficacy Siswa Madrasah dalam Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(7), 300-310. https://doi.org/10.5281/zenodo.5716119
Crossref

Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi, M., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi pendukung literasi numerasi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hasibuan, A. R. G., Mulyadi, A., Anjani, A. R., Lubis, R., & Andani, A. R. (2022). Pengembangan Inovasi Literasi, Numerasi, Administrasi, dan Teknologi di SDN Kertamukti 01 Melalui Program Kampus Mengajar Batch 1. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 15(1), 67-74. https://doi.org/10.33369/pgsd.15.1.67-74
Crossref

Hasibuan, M. F., Asbi, A., Wastuti, S. N. Y., & Izar, S. L. (2023). Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Kelas IV SD Al-Washliyah Percut Medan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 83-90. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11168
Crossref

Hidayati, N., & Abdullah, A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Bambanglipuro. Jurnal Tadris Matematika, 4(2), 215-224. https://doi.org/10.21274/jtm.2021.4.2.215-224
Crossref

Junedi, B., Mahuda, I., & Kusuma, J. W. (2020). Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut'allimin Banten. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 63-72. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.1963
Crossref

Karmeliana, D. S., & Ladyawati, E. (2023). Analysis of Senior High School Students' Numeracy Based on Learning Style. Jrpipm, 6(2), 2581-0480. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v6n2.p166-186
Crossref

Lufri, M. S. (2020). Metodologi Pembelajaran: Strategi, Pendekatan, Model, metode pembelajaran. CV. IRDH: Malang.

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.

Megawati, P., Turmuzi, M., & Nurmawanti, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Model Ctl Berbasis Budaya Sasak Terhadap Literasi Matematika Siswa Kelas III SDN 20 Cakranegara Tahun Ajaran 2024. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.16463
Crossref

Mulyandani, N., & Hasyda, S. (2021). Penerapan Model Pembelajaran CTL Type CRH dalam Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di SD. Seminar Nasional Kependidikan (SNK)-I Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Proseding Seminar Nasional Pedir Research Insitute, 20, 361-369.

Nisa, N. F., Prakoso, A. F., & Irawan, N. (2024). Effectiveness of Contextual Teaching and Learning (CTL) through Differentiated Instruction on Students' Critical Thinking Skills in Economics. International Journal of Emerging 2(2), 1-13. https://doi.org/10.56707/ijoerar.v2i2.65
Crossref

OCDE. (2024). Pisa 2022. In Perfiles Educativos (Vol. 46, Issue 183). https://doi.org/10.22201/iisue.24486167e.2024.183.61714
Crossref

Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step by step guide to data analysis using IBM SPSS. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003117407
Crossref

PISA, O. (2022). Results Factsheets Indonesia.‖. The Language of Science Education, 1(2023), 1-9.

Priwantoro, S. W., Faiz, R., Fahmi, S. (2025). Electronic Canva module on quadratic function for junior high school student.No Title. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(2), 1-9. https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i2.18195

Rustini Ningsih, Wahyu Hidayat, N. I. H. (2025). Problem Based Learning Methode : Exploration related to Mathematical Connection and Problem Solving. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i1.11474

Safitri, I., Lestarani, D., Imtikhanah, R. D. N. W., Akbarini, N. R., Sari, M. W., Fitrah, M., & Hapsan, A. (2024). Teori Pengukuran dan Evaluasi. CV. Ruang Tentor.

Santoso, E. (2017). Penggunaan model pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407
Crossref

Saputro, H. B., Arima, Y. (2025). Development of Canva-based mathematics e-comics on equivalent fraction material for grade IV elementary school students. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(2), 10-18. https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i2.18184
Crossref

Sari, P. N., Jumadi, & Ekayanti, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Math) Untuk Penguatan Literasi-Numerasi Siswa. Jurnal Abdimas Indonesia, 1(2), 89-96. https://doi.org/10.53769/jai.v1i2.90
Crossref

Sastradiharja, E. E. J., Siskandar, S., & Khoiri, I. (2020). Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Mata Pelajaran PAI dan Implementasinya di SMP Islam Asysyakirin Pinang Kota Tangerang. Jurnal Statement: Media Informasi Sosial Dan Pendidikan, 10(1), 55-78. https://doi.org/10.56745/js.v10i1.19
Crossref

Sirait, S., Rahmadani, E., Syafitri, E., Anim, A., Mapilindo, M., Izzayu, N., & Andini, P. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Situmorang, A. S., & Sinaga, D. F. (2022). Analysis of numeracy literacy skills of students on the Pythagorean Theorem material in Class VIII UPT SMP Negeri 7 Medan TA 2021/2022. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences, 2(1). https://doi.org/10.55227/ijhess.v2i1.242
Crossref

Tamam Syaifuddin, Luthfiyah Nurlaela, & Sukma Perdana P. (2021). Contextual Teaching and Learning (CTL) Model to Students Improve Learning Outcome at Senior High School of Model Terpadu Bojonegoro. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 2(5), 528-535. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i5.143
Crossref

Tamami, M., Santi, V. M., & Aziz, T. A. (2023). Pengembangan Buku Ajar Matematika dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Materi Statistika untuk Siswa Kelas XI SMK Bisnis dan Manajemen. International Journal of Progressive Mathematics Education, 3(1), 24-34. https://doi.org/10.22236/ijopme.v3i1.7620
Crossref

Tanu, I. K. (2016). Pembelajaran berbasis budaya dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(01), 34-43. https://doi.org/10.25078/jpm.v2i1.59
Crossref

Tjahyadi, I. (2024). Buku ajar metodologi penelitian (Teori dan praktik). CV Saba Jaya Publisher.

Toheri, Winarso, W., & Haqq, A. A. (2020). Where exactly for enhance critical and creative thinking: The use of problem posing or contextual learning. European Journal of Educational Research, 9(2), 877-887. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.877
Crossref

Wulandari, D. H. (2023). Efektivitas Model Contextual Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 188-194.

Yani, F. (2021). Pengaruh Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning, Ctl) Dengan Berbantuan Media Komik Bergerak Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah [The Effect of Contextual Approach (Contextual Teaching and Learning, Ctl) Assisted by M. Universitas Pendidikan Indonesia, 10(3), 1-16.
Repository Online

Authors

Putri Nur Afifah
Hanim Faizah
fhanim@unipasby.ac.id (Primary Contact)
Afifah, P. N., & Faizah, H. (2025). Mengintegrasikan Budaya dalam Pembelajaran Matematika Kontekstual: Strategi Peningkatan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Progressive Mathematics Education, 5(1), 145–160. https://doi.org/10.22236/ijopme.v5i1.19008

Article Details