Matematika Berbasis Alam: Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu dan Cinta Lingkungan

Ega Januardi, Yus Mochamad Cholily, Mohammad Syaifuddin

Abstract

Pembelajaran matematika sering dianggap abstrak, memicu kejenuhan siswa. Penelitian ini berupaya menjawab tantangan tersebut dengan mengkaji efektivitas pembelajaran matematika berbasis alam dan menumbuhkan rasa ingin tahu dan kecintaan lingkungan siswa di sekolah alam. Menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru dan siswa di SDN Bunga Bangsa, Kota Bekasi, pada Juli-Agustus 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran kontekstual dan eksplorasi langsung di alam signifikan memicu rasa ingin tahu kognitif siswa dan menanamkan nilai peduli lingkungan. Interaksi indrawi, kolaborasi, dan refleksi memperkuat pemahaman konsep serta keterampilan sosial-emosional. Kontribusi penelitian ini adalah pengembangan model pedagogis adaptif yang mengintegrasikan matematika dan pendidikan karakter berbasis lingkungan, memberikan bukti empiris untuk kurikulum yang lebih relevan dan holistik serta mendorong inovasi dalam metode pengajaran berbasis alam.


 


Mathematics learning is often considered abstract, triggering student boredom. This study attempts to answer this challenge by examining the effectiveness of nature-based mathematics learning in fostering students’ curiosity and love of the environment in nature schools. Using a qualitative case study approach, data were collected through observation, interviews, and documentation of teachers and students at SDN Bunga Bangsa, Bekasi City, in July-August 2025. The results showed that contextual learning planning and direct exploration in nature significantly triggered students’ cognitive curiosity and instilled environmental values. Sensory interaction, collaboration, and reflection strengthened conceptual understanding and social-emotional skills. The contribution of this study is the development of an adaptive pedagogical model that integrates mathematics and environmental-based character education, provides empirical evidence for a more relevant and holistic curriculum, and encourages innovation in nature-based teaching methods.

Full text article

Generated from XML file

References

Abdusselam, M. S., Kilis, S., Şahin Çakır, Ç., & Abdusselam, Z. (2018). Examining Microscopic Organisms under Augmented Reality Microscope: A 5E Learning Model Lesson. Science Activities: Classroom Projects and Curriculum Ideas, 55(1-2), 68-74. https://doi.org/10.1080/00368121.2018.1517717
Crossref

Agustiani, R. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Alam di TK Sekolah Alam Bandung (Studi Kasus di TK Sekolah Alam Bandung Tahun Ajaran 2018-2019). Edukid, 15(1). https://doi.org/10.17509/edukid.v15i1.20152
Crossref

Ai suminar, A. A. (2020). Mengembangkan kecerdasan logika matematika dengan menggunakan media realia pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina. Jurnal Jendela Bunda, 7(2).

Amazon, F., Widiatry, W., & Pranatawijaya, V. H. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Website. Journal of Information Technology and Computer Science, 1(1). https://doi.org/10.47111/jointecoms.v1i1.2511
Crossref

Ardi Saputra, Y., & Rizki Susilowati, A. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(2). https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i2.1152
Crossref

Arini, C. D. (2021). Musik Klasik Sebagai Solusi Kecemasan Belajar Matematika. Semadik, 3(1).

Ärlebäck, J. B., & Frejd, P. (2025). Exploring Swedish secondary students' mathematical models of fairness in ranking real-life, multi-faceted heptathlon outcomes. ZDM - Mathematics Education, 425-440. https://doi.org/10.1007/s11858-025-01678-z
Crossref

Arsal, A. F., Dirawan, G. D., Hala, Y., Tahmir, S., Arifin, A. N., & Bahri, A. (2017). Identifiksi Sumber Belajar pada Pembelajaran Berbasis Lingkungan di Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sains, Matematika, Dan Pembelajarannya.

Asy'ari, R., Dienaputra, R. D., Nugraha, A., Tahir, R., Rakhman, C. U., & Putra, R. R. (2021). Kajian Konsep Ekowisata Berbasis Masyarakat Dalam Menunjang Pengembangan Pariwisata: Sebuah Studi Literatur. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama Dan Budaya, 6(1), 9-19.
Crossref

Dewi, N. M. A. S., Ardana, I. M., & Sudiarta, P. I. G. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 547-560. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.302
Crossref

Fan, L., Luo, J., Xie, S., Zhu, F., & Li, S. (2022). Chinese students' access, use and perceptions of ICTs in learning mathematics: findings from an investigation of Shanghai secondary schools. ZDM - Mathematics Education, 54(3), 611-624. https://doi.org/10.1007/s11858-022-01363-5
Crossref

Fonteles Furtado, P. G., Hirashima, T., Hayashi, Y., & Maeda, K. (2019). Application focused on structural comprehension of mathematics contextual problems for kindergarten students. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 14(1), 1-18. https://doi.org/10.1186/s41039-019-0096-1
Crossref

García, F. J., & Bosch, M. (2006). Mathematical modelling as a tool for the connection of school mathematics. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 38(3), 226-246. https://doi.org/10.1007/BF02652807
Crossref

Geiger, V., Gal, I., & Graven, M. (2023). The connections between citizenship education and mathematics education. ZDM - Mathematics Education, 55(5), 923-940. https://doi.org/10.1007/s11858-023-01521-3
Crossref

Hasanah, R., Anam, F., & Suharti, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Vii B Smpn 13 Surabaya. JMER : Journal of Mathematics Education Research, 1(2).

Hidayatul Mufidah. (2015). SISTEM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH ALAM. Ummul Quro, 6(Jurnal Ummul Qura Vol VI, No 2, September 2015).

Ike, F., & Suhendri, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Kubus Dan Balok. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 161-183. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.7308
Crossref

Ikhsan, R. B., Saraswati, L. A., Muchardie, B. G., Vional, & Susilo, A. (2019). The determinants of students' perceived learning outcomes and satisfaction in BINUS online learning. Proceedings of 2019 5th International Conference on New Media Studies, CONMEDIA 2019, April, 68-73. https://doi.org/10.1109/CONMEDIA46929.2019.8981813
Crossref

Irmeilyana, I., Ngudiantoro, N., Affandi, A. K., Setiawan, A., & Windusari, Y. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran Matematika, IPA, dan Seni Bagi Pendidikan Dan Pengembangan Kreatifitas Anak di Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.30811/vokasi.v4i1.1578
Crossref

Khaesarani, I. R., & Khairani Hasibuan, E. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3).
Crossref

Krawitz, J., Schukajlow, S., & Hartmann, L. (2025). Does problem posing affect self-efficacy, task value, and performance in mathematical modelling? Educational Studies in Mathematics, 0123456789. https://doi.org/10.1007/s10649-025-10385-1
Crossref

Kuniasih, E., Ammnet, A., & Domingo, M. J. (2022). Profil Kemampuan Geometri Menurut Teori Van Hiele Pada Materi Transformasi Geometri. International Journal of Progressive Mathematics Education, 2(2), 0. https://doi.org/10.22236/ijopme.v2i2.8876
Crossref

Kurniasih, N., Hidayani, F., & Muchlis, A. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI Selama Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 117-126. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6568
Crossref

Lee, S. Y., Lo, Y. H. G., & Chin, T. C. (2021). Practicing multiliteracies to enhance EFL learners' meaning making process and language development: a multimodal Problem-based approach. Computer Assisted Language Learning, 34(1-2), 66-91. https://doi.org/10.1080/09588221.2019.1614959
Crossref

Li, C.-H. (2016). From adaptive to generative learning in small and medium enterprises-a network perspective. Journal of Global Entrepreneurship Research, 6(1). https://doi.org/10.1186/s40497-016-0054-y
Crossref

Nursalma, A., & Pujiastuti, H. (2023). Pengaruh Waktu Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 2(3). https://doi.org/10.47662/jkpm.v2i3.479
Crossref

Pangestika, R. R., & Ratnaningsih, A. (2019). Peningkatan Aktivitas Siswa melalui Pendekatan Kontekstual berbasis Alam dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Call for Papers (SNDIK) I 2019, 1.
Crossref

Roos, H., & Bagger, A. (2024). Ethical dilemmas and professional judgment as a pathway to inclusion and equity in mathematics teaching. ZDM - Mathematics Education, 56(3), 435-446. https://doi.org/10.1007/s11858-023-01540-0
Crossref

Sirait, S., Rahmadani, E., Syafitri, E., Anim, A., Mapilindo, M., Izzayu, N., & Andini, P. (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.

Siska, J., & Safrizal, S. (2023). Faktor Penyebab Rendahnya Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD (Studi Kasus di SD X Tanjung Alam). Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v3i02.1588
Crossref

Stahre Wästberg, B., Eriksson, T., Karlsson, G., Sunnerstam, M., Axelsson, M., & Billger, M. (2019). Design considerations for virtual laboratories: A comparative study of two virtual laboratories for learning about gas solubility and colour appearance. Education and Information Technologies, 24(3), 2059-2080. https://doi.org/10.1007/s10639-018-09857-0
Crossref

Suwaibah, D., Anggraini, L., & Mursyidah, H. (2019). Ludo 3D-MB Media Sebagai Pengenalan Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3514
Crossref

Syafii, M. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kalkulus dan Aljabar di Kelas XI IPA SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.275
Crossref

Syarifuddin, S., Efendi, J. F., & Fauzia, F. A. (2023). Pemahaman Mitigasi Bencana Alam Siswa Berbasis Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Darurat Semeru. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9786
Crossref

Wei, Y. M., & Lin, H. M. (2024). Revisiting business development: a review, reconceptualization, and proposed framework. Cogent Business and Management, 11(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2024.2351475
Crossref

Wulandari, D. H. (2023). Efektivitas Model Contextual Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya, 188-194.

Xiaoyu, W., Zainuddin, Z., & Hai Leng, C. (2025). Generative artificial intelligence in pedagogical practices: a systematic review of empirical studies (2022-2024). Cogent Education, 12(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2025.2485499
Crossref

Yetizon, Y., & Tusa'diah, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Matematika Berorientasi Mitigasi Bencana. Jurnal Gantang, 5(1). https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1898
Crossref

Zhang, X., Yu, P., Yan, J., & Ton A M Spil, I. (2015). Using diffusion of innovation theory to understand the factors impacting patient acceptance and use of consumer e-health innovations: A case study in a primary care clinic Healthcare needs and demand. BMC Health Services Research, 15(1), 1-15. https://doi.org/10.1186/s12913-015-0726-2
Crossref

Authors

Ega Januardi
egajanuardi650@gmail.com (Primary Contact)
Yus Mochamad Cholily
Mohammad Syaifuddin
Januardi, E., Cholily, Y. M., & Syaifuddin, M. (2025). Matematika Berbasis Alam: Menumbuhkan Rasa Ingin Tahu dan Cinta Lingkungan. International Journal of Progressive Mathematics Education, 5(1), 270–282. https://doi.org/10.22236/ijopme.v5i1.18998

Article Details