Pola Koneksi Matematis Siswa dengan Tingkat Kemampuan Matematika yang Berbeda pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Abdurahman Hamid, Agusalim Juhari

Abstract

Kemampuan membuat koneksi matematika penting untuk memahami konsep dan menerapkan dalam situasi nyata. Penelitian ini bertujuan menjelaskan keterampilan konektivitas matematika siswa berkemampuan sedang dari kelas 8, menggunakan metode deskriptif kualitatif melalui penilaian tertulis dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan siswa berkemampuan sedang memiliki tingkat konektivitas matematika yang rendah (63%), kesulitan mengintegrasikan konsep, merumuskan analgoi, dan perhitungan. Sebaliknya, terkait kolerasi matematika dan kehidupan sehari – hari, mereka menunjukkan hubungan signifikan (72%), mampu memahami masalah kontekstual, mendokumentasikan informasi, dan menghubungkannya dengan model matematika. Disimpulkan bahwa siswa berkemampuan sedang lebih mudah mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari – hari daripada konsep matematika itu sendiri. Oleh karena itu, disarankan bagi guru mengembangkan lingkungan belajar yang mendorong pemahaman hubungan antar konsep serta beragam soal untuk meningkatkan keterampilan konektivitas matematika siswa.


 


The ability to make mathematical connections is important for understanding concepts and applying them in real situations. This study aims to explain the mathematical connectivity skills of 8th grade medium-ability students, using qualitative descriptive methods through written assessments and interviews. The results showed that medium-ability students had low levels of mathematical connectivity (63%), difficulty integrating concepts, formulating analogies, and calculations. In contrast, related to the correlation between mathematics and everyday life, they showed a significant relationship (72%), were able to understand contextual problems, document information, and relate it to mathematical models. It was concluded that medium-ability students found it easier to relate mathematics to everyday life than the mathematical concept itself. Therefore, it is recommended for teachers to develop a learning environment that encourages understanding of the relationship between concepts and various problems to improve students' mathematical connectivity skills..

Full text article

Generated from XML file

References

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Makassar : CV. Syakir Media Press
Crossref


Aminah, S., & Ratnawati. (2022). Mengenal Speech Delay sebagai Gangguan Keterlambatan Berbicara pada Anak (Kajian Psikolinguistik). JALADRI: Jurnal Ilmiah Program Studi Bahasa Sunda, 8(2).https://doi.org/10.33222/jaladri.v8i2.2260
Crossref

Argawa, A. S., & Pujiastuti, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19. Al Khawarizmi : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 64-75. https://doi.org/10.22373/jppm.v5i1.9974


Boadu, S. K., & Bonyah, E. (2024). The role of philosophy of mathematics education in mathematics teacher education. Cogent Education, 11(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2433832
Crossref


Essien, A. A., Mathews, C., Tshesane, H., Weitz, M., Abdulhamid, L., Hoosen, T., & Lavans, L. (2023). Developing design principles to enhance pre-service teachers' understanding of number structure and mathematical equivalence in early grade mathematics. African Journal of Research in Mathematics, Science and Technology Education, 27(3), 239-254.
Crossref


Fauzia, W., Meiliawati, F., & Ramanda P. (2020). Mengenali dan Menangani Speech Delay pada Anak. Jurnal al-Shifa : Bimbingan Konseling Islam, 1(2). https://doi.org/10.32678/alshifa.v2i1.4659
Crossref


Fatimah, B., & Ningtias, A. (2025). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Animasi dan Lagu untuk Menanamkan Konsep Bilangan Bulat Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar: Evaluasi Pengaruhnya terhadap Pemahaman Matematika. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i2.11929


Gardesten, M., & Palmér, H. (2023). Students' participation in mathematics in inclusive classrooms: a study of the enacted mathematical and relational knowing of teachers. Mathematical Thinking and Learning, 27(2), 157-177.
Crossref


Gurmu, F., Tuge, C., & Hunde, A. B. (2024). Effects of GeoGebra-assisted instructional methods on students' conceptual understanding of geometry. Cogent Education, 11(1).
Crossref


Hasbi, M. (2020). Alat Bantu Komunikasi untuk Anak yang Terlambat Bicara. Jakarta : Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hutasuhut, D. H. & Yarshal, D. (2021). Edukasi Perkembangan Bahasa dan Bicara Anak Speach Delay. Sintaks: Jurnal Bahasa & Sastra Indonesia, 1(1), 29-31.
Crossref


Jarmita, N. (2015). Kesulitan Pemahamn Konsep Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika di Kelas Awal Sekolah Dasar. Pionir: Jurnal Pendidikan, 4(2), 1-16. http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v4i2.176


Khatin-Zadeh, O., Farsani, D., & Yazdani-Fazlabadi, B. (2022). Transforming dis-embodied mathematical representations into embodied representations, and vice versa: a two-way mechanism for understanding mathematics. Cogent Education, 9(1).
Crossref


Kristia, D. & Absori, M. N. (2024). Profil Pemahaman Konsep Siswa pada Siswa Kelas 7: Materi Aritmetika Sosial: Pendekatan Kualitatif Eksploratif. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(1), 1-8. https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i1.8875
Crossref

Locke, K., Kontorovich, I., & Darragh, L. (2023). Transforming mathematical identity: changes in one international student's positioning during first-year mathematics tutorials. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 54(9), 1785-1803.
Crossref


Meidianti, A., Kholifah, N., & Sari, N. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. Himpunan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 2(2), 134-144. https://jim.unindra.ac.id/index.php/himpunan/article/view/6818


Morgan, C., & Tang, S. (2016). To what extent are students expected to participate in specialised mathematical discourse? Change over time in school mathematics in England. Research in Mathematics Education, 18(2), 142-164.
Crossref


Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : CV. Harfa Creative

Ndagijimana, J. B., Mukama, E., Lakin, L., Khan, S., Munyaruhengeri, J. P. A., Dushimimana, J. C., … Mushimiyimana, H. (2024). Contributions of GeoGebra software within the socio-cultural proximity on enhancing students' conceptual understanding of mathematics. Cogent Education, 11(1).https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2436296
Crossref


Nuraeni, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis dan Tingkat Kepercayaan Diri pada Siswa MTs. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 975-982.
Crossref


Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran take and give dalam upaya mengembangkan kemampuan pemahaman konsep matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.499
Crossref


Puspita, Alvika Candra, et. Al. (2019). Analisis Bahasa Lisan pada Anak Keterlambatan Bicara (Speech Delay) Usia 5 Tahun. LINGUA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 15(2), 154-160. 10.15294/lingua.v15i2.17405.

Radiusman. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 1-8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/fbc/article/view/4800
Crossref


Rahmatiya, R., & Muntazimah, M. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Segitiga Berdasarkan Teori Pemecahan Masalah Polya. International Journal of Progressive Mathematics Education, 4(1), 33-43. https://doi.org/10.22236/ijopme.v4i1.8881
Crossref


Sari, R. P. & Nuryani. (2020). Analisis Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) pada Anak Study Kasus Anak Usia 10 Tahun. Konfiks: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 9-15.
Crossref


Salsabila, S. R., Yuniarti, R., Purwati, & Mulyadi, S. (2023). Perkembangan Bahasa pada Anak dengan Gangguan Keterlambatan Bicara (Speech Delay). PAUDIA : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 12(3), 307-316.
Crossref


Sabiroh, N. A. (2024). Strategi Guru dalam Menangani Anak dengan Gangguan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay) Melalui Pendidikan Inklusi di TK Islam Bee. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

Sengkey, D. J., Sampoerno, P. D., & Aziz, T. A. (2023). Kemampuan Pemahman Konsep Matematis : Sebuah Kajian Literatur. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1).https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.265
Crossref


Septiyaningtiyas, H. D., Amelia Widyastuti, E., Putra Winata, B., Kurniawan , Z., & Fauziah, M. (2024). Keterlambatan Bicara pada Anak Usia 5 Tahun. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 581-591.https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.801
Crossref



Sharma Chapai, K. P., Joshi, D. R., Singh, A. B., & Khadka, J. (2024). Role of students' academic procrastination in shaping mathematics achievement. Education Inquiry, 1-27. https://doi.org/10.1080/20004508.2024.2418151
Crossref


Shofiah, N. F., Purwaningrum, J. P., & Fakhriyah. F. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Daring dengan Aplikasi Whatsapp. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2683 - 2695.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.907">Crossref


Sulastri, A. (2016). Penerapan Pendekatan Kontekstual dam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 156-170. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v1i1.9068
Crossref


Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualtitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Susanto, D., Risnita & Jaelani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data dalam Penelitian Ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53-61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60.
Crossref


Suhendri, H., & Fadilah, I,. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Kubus Dan Balok. International Journal of Progressive Mathematics Education. 1(2).161-183.https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.7308
Crossref


Tegler, H., & Melander Bowden, H. (2024). Aided-speaking students' unsolicited questions in teacher-fronted classroom talk: the use of speech-generating devices to ask questions. Classroom Discourse, 15(4), 374-397.https://doi.org/10.1080/19463014.2024.2322597
https://doi.org/10.1080/19463014.2024.2322597">Crossref

Yuliani, E. N., Zulfah, & Zulhendri. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kuok melalui Model Pembelajaran Koopearatif Tipe Group Investigation. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 91-100
https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.51">Crossref


Yimam, M., & Dagnew Kelkay, A. (2022). Evaluation of the effects of discourse-based mathematics instruction on eleventh grade students' conceptual and procedural understanding of probability and statistics. Cogent Education, 9(1).
Crossref


Westley, L. (2024). How might a mastery style of teaching in mathematics lead to deeper understanding and sustained levels of attainment? Education 3-13, 1-14. https://doi.org/10.1080/03004279.2024.2405023
Crossref


Zhang, W., Li, L., & Disney, L. (2025). How kindergarten teachers in China create conditions for children's mathematics concept learning. Early Years, 1-19. https://doi.org/10.1080/09575146.2025.2499874
Crossref

Authors

Abdurahman Hamid
abdurahman.hamid@unm.ac.id (Primary Contact)
Agusalim Juhari
Hamid, A., & Juhari, A. (2025). Pola Koneksi Matematis Siswa dengan Tingkat Kemampuan Matematika yang Berbeda pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. International Journal of Progressive Mathematics Education, 5(1), 55–77. https://doi.org/10.22236/ijopme.v5i1.18649

Article Details