Sinergi Jigsaw dan Open Educational Resources (OER) dalam Pembelajaran Matematika: Dampaknya terhadap Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa
Abstract
Rendahnya kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan OER terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Balantak. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan tes deskriptif untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t dengan uji sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dengan OER tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori yang dapat ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel bebas pada hasil belajar dengan taraf signifikansi 0,112 > 0,05 dan hasil uji-t sampel bebas pada kemampuan komunikasi matematis 0,134 > 0,05 tetapi berdasarkan analisis hasil diperoleh kelas eksperimen mempunyai hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Low communication skills and mathematics learning outcomes are experienced by students. This study aims to determine the effect of the jigsaw learning model with OER on mathematical communication skills and mathematics learning outcomes of students at Junior High School. This type of research is experimental research using a quasi-experimental research design with the research design used in this study is a randomized pretest-posttest control group design. This study was conducted on grade VII students of Junior High School. The research instrument used a multiple-choice test to measure student learning outcomes and a descriptive test to measure mathematical communication skills. Then the data obtained were analyzed using a t-test with an independent sample test. The results of the study showed that the Jigsaw learning model with OER did not provide a significant effect on students' learning outcomes and mathematical communication skills compared to the expository learning model which can be shown by the results of the free sample t-test on learning outcomes with a significance level of 0.112> 0.05 and the results of the free sample t-test on mathematical communication skills 0.134> 0.05 but based on the analysis of the results obtained the experimental class had higher learning outcomes and mathematical communication skills than the control class.
Full text article
References
https://doi.org/10.29333/iejme/5940
Crossref
Adji, M. R., Prasetyo, M. A., Nada, K., Ulandari, L., & Fadila, L. (2023). Penggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(2), 112-121.
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2327
Crossref
Akhiruddin, Khairil Ikhsan, Hasnah, Mardiah, & Nursia. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Edulec : Education, Language and Culture Journal, 2(1), 24-38.
https://doi.org/10.56314/edulec.v2i1.28
Crossref
Ariyanto, L., Retno Winarti, E., & Rizki, D. A. S. Q. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII pada Model Eliciting Ctivities Dengan Performance Assessment. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Prisma, 4, 268-274. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Azzahra, N., Pratomo, S., Sumiati, T., Indonesia, U. P., Purwakarta, K., Konsep, P., & Learning, C. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penguasaan. 14(2), 109-116.https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329
Crossref
Chien, C. W. (2015). Analysis of Taiwanese elementary school English teachers' perceptions of, designs of, and knowledge constructed about differentiated instruction in content. Cogent Education, 2(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2015.1111040
Crossref
Fatmawati, Novia, R., & Syakhshiyyatul, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun. Tulip ( Tulis Anilmiah Pendidikan ), 13(1), 18-25. https://doi.org/10.54438/tulip.v13i1.387
Harliansyah, F. (2020). Mempromosikan open educational resources untuk memperkaya sumber pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. Al-Maktabah, 19. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/24153/9715
Hidayati, N., Kurniati, D., & Fajrie, N. (2023). Peningkatkan Hasil belajar matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Murid Kelas V SDN 2 Bajingjowo. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(9), 1137-1156.
Crossref
Humairoh, A., Syahfitri, A., Sari, A., Azzahra, A., & Zakiyyah, Z. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Eskpositori pada Mata Pelajaran IPSMateri Kegiatan Ekonomi dan Kebutuhan Manusia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29017-29019. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6642
Crossref
Kekeba, S. K. (2025). Effects of jigsaw learning strategy integrated with computer simulations on gender differences in students' achievement and attitude in learning chemistry. Cogent Education, 12(1).https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2346041
https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2346041">Crossref
Khayroiyah, S., & Siregar, T.J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 4(1), 280-285. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.281
https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.281
Crossref
Kusuma, D. A., & Hutauruk, A. J. B. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Penerapan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Aplikasi Trello. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 5(02), 66-72. https://doi.org/10.36655/sepren.v5i02.1461
Crossref
Maharani, I. (2022). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. FARABI Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 66-70.
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.324
Crossref
Maulyda, M.A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika berbasis NCTM. Mataram: CV. IRDH Malang
Mikrayanti, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 33-39. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.355
Crossref
Nababan, D., & Sari, P. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 792-800. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/186
Nurhidayah, F., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Software Wingeom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 163 Jakarta. Journal Uhamka: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, (334-342). https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2756
Priyanti & Nurhayati (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1).
Crossref
Putra (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional 3 Pendidikan Matematika UKI Toraja 2023. https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2336
Putri, D.N. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Video Animasi Berbantuan Animaker Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Pada Materi Barisan Dan Deret Di Kelas X MAN 2 Muaro Jambi. Pendidikan Matematika. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63782
Qiram, N., Salsabila, E., & Meidianingsih, Q. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Harga Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Kota Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 31-38. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.05
Crossref
Rahmawati, A., Ningsih, Y. M., Azmi, W., & Yana, N. E. (2023). Pengaruh Strategi Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 107-112.https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i1.3204
Crossref
Risalah, D., Cahyanita, S., & Muchtadi, M. (2023). Penggunaan Video Pembelajaran Bermuatan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Mathema, 5(2). https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2821
Crossref
Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018
Crossref
Saderi (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil belajar matematika. Jurnal of Managerial, Leadership, Supervision and Human Resources: Principal, 1(1). https://jurnal.akademisinusantara.id/index.php/academician/article/view/36/40
Serly, M. V. N., Helvina, M., & Puang, D. M. E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil belajar matematika Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Journal on Teacher Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22108
Susilo, A., & Asmara, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Yupa: Historical Studies Journal, 4(1), 20-28.
https://doi.org/10.30872/yupa.v4i1.214
Crossref
Suweta (2020). Model pembelajaran ekspository sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar kepariwisataan. Journal of Education Action Research, 4(4). https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28644
Crossref
Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793
Crossref
Waro, Z., Salsabila, Z., Hati, A. D. M. P., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Brain Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Crossref
Zakiyah, L., Supandi, S., & Dwijayanti, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 55. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2023.15.1.6551
Crossref
Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.