Sinergi Jigsaw dan Open Educational Resources (OER) dalam Pembelajaran Matematika: Dampaknya terhadap Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa

Moh. Fikri Bungel, Endang Wahyuningrum, Ardi Dwi Susandi

Abstract

Rendahnya kemampuan komunikasi dan hasil belajar matematika dialami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran jigsaw dengan OER terhadap kemampuan komunikasi matematis dan hasil belajar matematika siswa Sekolah Menengah Pertama. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized pretest-posttest control group design. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Balantak. Instrumen penelitian menggunakan tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar siswa dan tes deskriptif untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan uji-t dengan uji sampel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dengan OER tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori yang dapat ditunjukkan dengan hasil uji-t sampel bebas pada hasil belajar dengan taraf signifikansi 0,112 > 0,05 dan hasil uji-t sampel bebas pada kemampuan komunikasi matematis 0,134 > 0,05 tetapi berdasarkan analisis hasil diperoleh kelas eksperimen mempunyai hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.


 


Low communication skills and mathematics learning outcomes are experienced by students. This study aims to determine the effect of the jigsaw learning model with OER on mathematical communication skills and mathematics learning outcomes of students at Junior High School. This type of research is experimental research using a quasi-experimental research design with the research design used in this study is a randomized pretest-posttest control group design. This study was conducted on grade VII students of Junior High School. The research instrument used a multiple-choice test to measure student learning outcomes and a descriptive test to measure mathematical communication skills. Then the data obtained were analyzed using a t-test with an independent sample test. The results of the study showed that the Jigsaw learning model with OER did not provide a significant effect on students' learning outcomes and mathematical communication skills compared to the expository learning model which can be shown by the results of the free sample t-test on learning outcomes with a significance level of 0.112> 0.05 and the results of the free sample t-test on mathematical communication skills 0.134> 0.05 but based on the analysis of the results obtained the experimental class had higher learning outcomes and mathematical communication skills than the control class.

Full text article

Generated from XML file

References

Abed, A. Z., Sameer, S. A., Kasim, M. A., & Othman, A. T. (2020). Predicting Effect Implementing the Jigsaw Strategy on the Academic Achievement of Students in Mathematics Classes. 15(1), 1-7.
https://doi.org/10.29333/iejme/5940
Crossref

Adji, M. R., Prasetyo, M. A., Nada, K., Ulandari, L., & Fadila, L. (2023). Penggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 6(2), 112-121.
https://doi.org/10.51544/mutiarapendidik.v6i2.2327
Crossref

Akhiruddin, Khairil Ikhsan, Hasnah, Mardiah, & Nursia. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah. Edulec : Education, Language and Culture Journal, 2(1), 24-38.
https://doi.org/10.56314/edulec.v2i1.28
Crossref

Ariyanto, L., Retno Winarti, E., & Rizki, D. A. S. Q. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VII pada Model Eliciting Ctivities Dengan Performance Assessment. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Prisma, 4, 268-274. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Azzahra, N., Pratomo, S., Sumiati, T., Indonesia, U. P., Purwakarta, K., Konsep, P., & Learning, C. (2019). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Penguasaan. 14(2), 109-116.https://doi.org/10.17509/md.v14i2.14329
Crossref

Chien, C. W. (2015). Analysis of Taiwanese elementary school English teachers' perceptions of, designs of, and knowledge constructed about differentiated instruction in content. Cogent Education, 2(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2015.1111040
Crossref

Fatmawati, Novia, R., & Syakhshiyyatul, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Petak Persegi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun. Tulip ( Tulis Anilmiah Pendidikan ), 13(1), 18-25. https://doi.org/10.54438/tulip.v13i1.387

Harliansyah, F. (2020). Mempromosikan open educational resources untuk memperkaya sumber pembelajaran di perguruan tinggi di Indonesia. Al-Maktabah, 19. https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/24153/9715

Hidayati, N., Kurniati, D., & Fajrie, N. (2023). Peningkatkan Hasil belajar matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Murid Kelas V SDN 2 Bajingjowo. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(9), 1137-1156.
Crossref

Humairoh, A., Syahfitri, A., Sari, A., Azzahra, A., & Zakiyyah, Z. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Eskpositori pada Mata Pelajaran IPSMateri Kegiatan Ekonomi dan Kebutuhan Manusia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 29017-29019. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.6642
Crossref

Kekeba, S. K. (2025). Effects of jigsaw learning strategy integrated with computer simulations on gender differences in students' achievement and attitude in learning chemistry. Cogent Education, 12(1).https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2346041
https://doi.org/10.1080/2331186X.2024.2346041">Crossref

Khayroiyah, S., & Siregar, T.J. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 4(1), 280-285. https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.281
https://doi.org/10.32696/jp2mipa.v4i1.281
Crossref

Kusuma, D. A., & Hutauruk, A. J. B. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Penerapan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Berbantuan Aplikasi Trello. Sepren: Journal of Mathematics Education and Applied, 5(02), 66-72. https://doi.org/10.36655/sepren.v5i02.1461
Crossref

Maharani, I. (2022). Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. FARABI Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 66-70.
https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.324
Crossref

Maulyda, M.A. (2020). Paradigma Pembelajaran Matematika berbasis NCTM. Mataram: CV. IRDH Malang

Mikrayanti, M. (2020). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Supermat (Jurnal Pendidikan Matematika), 4(1), 33-39. https://doi.org/10.33627/sm.v4i1.355
Crossref

Nababan, D., & Sari, P. M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 792-800. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/186

Nurhidayah, F., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantu Software Wingeom Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMP Negeri 163 Jakarta. Journal Uhamka: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, (334-342). https://journal.uhamka.ac.id/index.php/senamku/article/view/2756

Priyanti & Nurhayati (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 4(1).
Crossref

Putra (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Prosiding Seminar Nasional 3 Pendidikan Matematika UKI Toraja 2023. https://doi.org/10.47178/prosidingukit.v3i4.2336

Putri, D.N. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Menggunakan Video Animasi Berbantuan Animaker Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta didik Pada Materi Barisan Dan Deret Di Kelas X MAN 2 Muaro Jambi. Pendidikan Matematika. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/63782

Qiram, N., Salsabila, E., & Meidianingsih, Q. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau Dari Harga Diri Siswa dalam Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Kota Bekasi. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 6(2), 31-38. https://doi.org/10.21009/jrpms.062.05
Crossref

Rahmawati, A., Ningsih, Y. M., Azmi, W., & Yana, N. E. (2023). Pengaruh Strategi Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Siswa. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 107-112.https://doi.org/10.47467/elmujtama.v4i1.3204
Crossref

Risalah, D., Cahyanita, S., & Muchtadi, M. (2023). Penggunaan Video Pembelajaran Bermuatan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika: Mathema, 5(2). https://doi.org/10.33365/jm.v5i2.2821
Crossref

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2). https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018
Crossref

Saderi (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil belajar matematika. Jurnal of Managerial, Leadership, Supervision and Human Resources: Principal, 1(1). https://jurnal.akademisinusantara.id/index.php/academician/article/view/36/40

Serly, M. V. N., Helvina, M., & Puang, D. M. E. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil belajar matematika Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbasis Lesson Study. Journal on Teacher Education, 5(2). https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22108

Susilo, A., & Asmara, Y. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Yupa: Historical Studies Journal, 4(1), 20-28.
https://doi.org/10.30872/yupa.v4i1.214
Crossref

Suweta (2020). Model pembelajaran ekspository sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar kepariwisataan. Journal of Education Action Research, 4(4). https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28644
Crossref

Wangge, M. (2020). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ICT dalam Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).https://doi.org/10.35508/fractal.v1i1.2793
Crossref

Waro, Z., Salsabila, Z., Hati, A. D. M. P., & Susilo, B. E. (2024). Studi Literatur: Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Brain Based Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Crossref

Zakiyah, L., Supandi, S., & Dwijayanti, I. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 15(1), 55. https://doi.org/10.20884/1.jmp.2023.15.1.6551
Crossref

Authors

Moh. Fikri Bungel
moh.fikri18@gmail.com (Primary Contact)
Endang Wahyuningrum
Ardi Dwi Susandi
Bungel, M. F., Wahyuningrum, E., & Susandi, A. D. (2025). Sinergi Jigsaw dan Open Educational Resources (OER) dalam Pembelajaran Matematika: Dampaknya terhadap Komunikasi dan Hasil Belajar Siswa. International Journal of Progressive Mathematics Education, 5(1), 1–18. https://doi.org/10.22236/ijopme.v5i1.18627

Article Details