INTEGRASI ILMU DALAM PANDANGAN BUYA HAMKA
Main Article Content
Abstract
Tulisan berikut merupakan bagian dari upaya belajar tentang Hamka, terkhusus tentang pendidikan formal. Hamka tetap menganggap penting pendidikan dalam pengertian yang luas, sekaligus seorang pendidik dalam pengertian yang luas pula. Hamka menganggap penting pendidikan karena alasan normatif, misalnya tentang pentingnya akal yang juga harus dididik. Sebab itu Islam adalah ilmu dan akal. Sebagai seorang pembelajar dan pendidik yang mumpuni, Hamka tidak meletakan duniawi sebagai tujuan, misalnya untuk meraih simpati dan jabatan Meski demikian, tentu saja Hamka tidak menganggap jabatan tidak penting, karena ia pun menerima beberapa jabatan dari pemerintah. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri ada banyak orang yang akhirnya tunduk pada kekuasaan itu.
Downloads
Article Details
References
Abror, R. H. (2016). Makna Kebebasan Berpikir dalam Diskursus Pemikiran Islam Kontemporer. Unisia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 38(84), 39–47. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Unisia/article/view/11664
Adisupawan, T., Husni, M., & Fitriani, S. N. (2021). Konsep Pendidikan Anak dalam Pengembangan Akhlak Perspektif Buya Hamka. Al-Asfar Jurnal Studi Islam, 2(1). Retrieved from http://ejournal.rbr.or.id/index.php/asfar/article/view/56
Afni, N. N. (2020). Studi komparatif konsep pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa MI menurut Hamka dan Muhammad Natsir. digilib.uinsgd.ac.id. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/35916/
Alfian, M. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Buya Hamka. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 89–98. https://doi.org/10.32939/Islamika.V19I02.454
Anjani, S. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka dalam Buku Falsafah Hidup. Skripsi: UIN Sumatera Utara.
Atmojo, D. T. (2018). Konsep Pendidikan Karakter dalam Buku Pribadi Hebat Karya Buya Hamka serta Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. repository.uinjkt.ac.id. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39917
Badar, M. Z. (2020). Konsep Integrasi antara Islam dan Ilmu Telaah Pemikiran Kuntowijoyo. An-Nas. Retrieved from http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/an-nas/article/view/251
Badruzaman, Hafidhuddin, D., & Mujahidin, E. (2018). Pendidikan Islami dalam Pemikiran Hasan Langgulung. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1341
Fauzi, A. (2017). Integrasi dan Islamisasi Ilmu dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–18. Retrieved from http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/297
Hamka. (2014). Pribadi Hebat (8th ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2038-pribadi-hebat-2014
Hamka. (2018a). Kenang-Kenangan Hidup (1st ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2347-kenang-kenangan-hidup
Hamka. (2018b). Tasawuf Modern (1st ed.). Jakarta: Republika. Retrieved from https://bukurepublika.id/shop/agama/tasawuf-modern/
Hamka. (2019). Akhlaqul Karimah (1st ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2496-akhalaqul-karimah
Hamka. (2020). Angkatan Baru (1st ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2794-angkatan-baru
Hamka. (2021). Islam Revolusi dan Ideologi (1st ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2828-islam-revolusi-dan-ideologi
Herlambang, S. (2020). Hamka, Social Criticism and the Practices of Polygamy in Minangkabau. Al-Albab, 9(1), 69–85. https://doi.org/10.24260/alalbab.v9i1.1593
Hidayat, N. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak bagi Peserta Didik menurut Pemikiran Prof. Dr. Hamka. repository.radenintan.ac.id. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/953/
Hidayatullah, S. (2017). Relasi Agama dan Sains dalam Pandangan Mehdi Golshani. Jurnal Filsafat, 27(1), 65–90. https://doi.org/10.22146/jf.21972
Hisham, N. (2020). Sinergisme Gagasan Integrasi dan Islamisasi Ilmu. Penerbit Universiti Malaysia ….
Juarman, J., Susanto, H., & ... (2021). Konsep Pendidikan Akhlak menurut Buya Hamka dan Ibnu Miskawaih serta Relevansinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. JMP: Jurnal …. Retrieved from http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/JMP/article/view/741
Juhana, H., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Integrasi Ilmu M. Amin Abdullah dan Kuntowijoyo. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu …. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/397
Kasmali, K. (2015). Sinergi Implementasi antara Pendidikan Akidah dan Akhlak Menurut Hamka. Jurnal Theologia, 26(2), 269–283. https://doi.org/10.21580/TEO.2015.26.2.433
Muntaza, W. N., & Subandji, S. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak tentang Kesederhanaan Menurut Hamka dalam Buku Falsafah Hidup. IAIN Surakarta.
Nawi, N. H. M. (2020). Sinergisme Gagasan Integrasi & Islamisasi Ilmu. 103.101.244.127. Retrieved from http://103.101.244.127/handle/123456789/276
NENENG, R. (2021). Karakteristik Integrasi Ilmu Dan Agama Menurut Pemikiran Mulyadi Kartanegara. repository.radenintan.ac.id. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16001
Nufus, H. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Pengembangan Akhlak Perspektif Hamka. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Nuha, A. U., & Makhsun, T. (2021). Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Membentuk Generasi Muslim dalam Buku Lembaga Hidup Karya Buya Hamka. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa …. Retrieved from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/17643
Rahman, T. A., Rashid, Z. M., Yusof, W. S. W., & Amir, A. N. (2017). Pemikiran Al-Faruqi dan Sumbangannya dalam Transformasi Islam di Malaysia Melalui Islamisasi Ilmu. Malaysian Journal For Islamic Studies, 1(1), 1–13. Retrieved from https://journal.unisza.edu.my/mjis/index.php/mjis/article/view/1
Rochim, R. (2017). Konsep Pendidikan Jasmani, Akal dan Hati dalam Perspektif Hamka. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3281
Rofi, S, Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11 (2) ….
Rofi, Sofyan, Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 396–414. https://doi.org/10.30596/Intiqad.V11I2.2658
Rusli, R. (2014). Agama dan Manusia dalam Pendidikan Hamka (Studi Falsafat Agama). Intizar: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 20(2), 205–220. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/430
Sahin, C. (2020). Integrasi Ilmu Kalam dan Tasawuf Menurut Said Nursi Dalam Tafsir Risâlah (Analisis Konsep Teospiritual dalam Al-Quran). repository.ptiq.ac.id. Retrieved from https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/438/
Shafrianto, A., & PRATAMA, Y. (2021). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Buya Hamka. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 97–105. https://doi.org/10.48094/RAUDHAH.V6I1.89
Sholikhin, A. (2021). Konsep dan Metode Pendidikan Anak Menurut Hamka. etd.umy.ac.id. Retrieved from https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4910/
Supriyadi, S., & Jannah, M. (2020). Pendidikan karakter dalam tasawuf modern hamka dan tasawuf transformatif kontemporer. Halaqa: Islamic Education Journal. Retrieved from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/2725
Syafrin, N., & Hadi, F. A. (2021). Konsep dan aplikasi Islamisasi Sains dan Kampus di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Tadibuna/article/view/4778
Turmudi, M. (2017). Integrasi Sains dan Agama dalam Perspektif Epistemologi Keilmuan Islam Kontemporer. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 28(1), 1–30. https://doi.org/10.33367/tribakti.v28i1.403
Utomo, A. W., & Dartim, D. (2020). Konsep Pendidikan Islam Integralistik: Studi Pemikiran Buya Hamka dan Mohammad Natsir. Iseedu: Journal of Islamic Educational …. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/iseedu/article/view/14342
Wahyudi, I. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) dalam Buku Tasawuf Modern. repository.iain-samarinda.ac.id. Retrieved from http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/943
Wiratama, A. (2011). Konsep Pendidikan Islam dan Tantangannya Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. At-Ta’dib, 5(1), 27–41. https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V5I1.582
Yusuf, M. (1995). Hamka’s Method of Interpreting the Legal Verses of the Qur’ān: A Study of His Tafsir Al-Azhar. Retrieved from http://digitool.library.mcgill.ca/R/FDRE66G5V1PL49114RH3J53GMI6UKPR2PBX9A9I5Y7CY2M4744-04228
Zubaidah, A. (2018). Integrasi Komunikatif Pendidikan Islam Muhammad Iqbal Dan HAMKA. Indonesian Journal of Islamic …. Retrieved from http://jurnalpasca.iain-jember.ac.id/ejournal/index.php/IJIC/article/view/46