INTEGRASI ILMU DALAM PANDANGAN BUYA HAMKA

Main Article Content

Budi Johan

Abstract

Tulisan berikut merupakan bagian dari upaya belajar tentang Hamka, terkhusus tentang pendidikan formal. Hamka tetap menganggap penting pendidikan dalam pengertian yang luas, sekaligus seorang pendidik dalam pengertian yang luas pula. Hamka menganggap penting pendidikan karena alasan normatif, misalnya tentang pentingnya akal yang juga harus dididik. Sebab itu Islam adalah ilmu dan akal. Sebagai seorang pembelajar dan pendidik yang mumpuni, Hamka tidak meletakan duniawi sebagai tujuan, misalnya untuk meraih simpati dan jabatan Meski demikian, tentu saja Hamka tidak menganggap jabatan tidak penting, karena ia pun menerima beberapa jabatan dari pemerintah. Namun demikian, tidak dapat dipungkiri ada banyak orang yang akhirnya tunduk pada kekuasaan itu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abror, R. H. (2016). Makna Kebebasan Berpikir dalam Diskursus Pemikiran Islam Kontemporer. Unisia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 38(84), 39–47. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/Unisia/article/view/11664

Adisupawan, T., Husni, M., & Fitriani, S. N. (2021). Konsep Pendidikan Anak dalam Pengembangan Akhlak Perspektif Buya Hamka. Al-Asfar Jurnal Studi Islam, 2(1). Retrieved from http://ejournal.rbr.or.id/index.php/asfar/article/view/56

Afni, N. N. (2020). Studi komparatif konsep pendidikan Islam dalam membentuk karakter siswa MI menurut Hamka dan Muhammad Natsir. digilib.uinsgd.ac.id. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/35916/

Alfian, M. (2019). Pemikiran Pendidikan Islam Buya Hamka. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 89–98. https://doi.org/10.32939/Islamika.V19I02.454

Anjani, S. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak Menurut Buya Hamka dalam Buku Falsafah Hidup. Skripsi: UIN Sumatera Utara.

Atmojo, D. T. (2018). Konsep Pendidikan Karakter dalam Buku Pribadi Hebat Karya Buya Hamka serta Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA. repository.uinjkt.ac.id. Retrieved from http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/39917

Badar, M. Z. (2020). Konsep Integrasi antara Islam dan Ilmu Telaah Pemikiran Kuntowijoyo. An-Nas. Retrieved from http://ejournal.sunan-giri.ac.id/index.php/an-nas/article/view/251

Badruzaman, Hafidhuddin, D., & Mujahidin, E. (2018). Pendidikan Islami dalam Pemikiran Hasan Langgulung. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 1–19. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i1.1341

Fauzi, A. (2017). Integrasi dan Islamisasi Ilmu dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 1–18. Retrieved from http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jpi/article/view/297

Hamka. (2014). Pribadi Hebat (8th ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2038-pribadi-hebat-2014

Hamka. (2018a). Kenang-Kenangan Hidup (1st ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2347-kenang-kenangan-hidup

Hamka. (2018b). Tasawuf Modern (1st ed.). Jakarta: Republika. Retrieved from https://bukurepublika.id/shop/agama/tasawuf-modern/

Hamka. (2019). Akhlaqul Karimah (1st ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2496-akhalaqul-karimah

Hamka. (2020). Angkatan Baru (1st ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2794-angkatan-baru

Hamka. (2021). Islam Revolusi dan Ideologi (1st ed.). Jakarta: Gema Insani. Retrieved from https://www.gemainsani.co.id/product/detail/2828-islam-revolusi-dan-ideologi

Herlambang, S. (2020). Hamka, Social Criticism and the Practices of Polygamy in Minangkabau. Al-Albab, 9(1), 69–85. https://doi.org/10.24260/alalbab.v9i1.1593

Hidayat, N. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak bagi Peserta Didik menurut Pemikiran Prof. Dr. Hamka. repository.radenintan.ac.id. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/953/

Hidayatullah, S. (2017). Relasi Agama dan Sains dalam Pandangan Mehdi Golshani. Jurnal Filsafat, 27(1), 65–90. https://doi.org/10.22146/jf.21972

Hisham, N. (2020). Sinergisme Gagasan Integrasi dan Islamisasi Ilmu. Penerbit Universiti Malaysia ….

Juarman, J., Susanto, H., & ... (2021). Konsep Pendidikan Akhlak menurut Buya Hamka dan Ibnu Miskawaih serta Relevansinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. JMP: Jurnal …. Retrieved from http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/JMP/article/view/741

Juhana, H., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Integrasi Ilmu M. Amin Abdullah dan Kuntowijoyo. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu …. Retrieved from http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/397

Kasmali, K. (2015). Sinergi Implementasi antara Pendidikan Akidah dan Akhlak Menurut Hamka. Jurnal Theologia, 26(2), 269–283. https://doi.org/10.21580/TEO.2015.26.2.433

Muntaza, W. N., & Subandji, S. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak tentang Kesederhanaan Menurut Hamka dalam Buku Falsafah Hidup. IAIN Surakarta.

Nawi, N. H. M. (2020). Sinergisme Gagasan Integrasi & Islamisasi Ilmu. 103.101.244.127. Retrieved from http://103.101.244.127/handle/123456789/276

NENENG, R. (2021). Karakteristik Integrasi Ilmu Dan Agama Menurut Pemikiran Mulyadi Kartanegara. repository.radenintan.ac.id. Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/16001

Nufus, H. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam Pengembangan Akhlak Perspektif Hamka. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Nuha, A. U., & Makhsun, T. (2021). Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Islam dan Membentuk Generasi Muslim dalam Buku Lembaga Hidup Karya Buya Hamka. Prosiding Konstelasi Ilmiah Mahasiswa …. Retrieved from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/kimuhum/article/view/17643

Rahman, T. A., Rashid, Z. M., Yusof, W. S. W., & Amir, A. N. (2017). Pemikiran Al-Faruqi dan Sumbangannya dalam Transformasi Islam di Malaysia Melalui Islamisasi Ilmu. Malaysian Journal For Islamic Studies, 1(1), 1–13. Retrieved from https://journal.unisza.edu.my/mjis/index.php/mjis/article/view/1

Rochim, R. (2017). Konsep Pendidikan Jasmani, Akal dan Hati dalam Perspektif Hamka. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/tarbiyatuna/article/view/3281

Rofi, S, Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter Dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11 (2) ….

Rofi, Sofyan, Prasetiya, B., & Setiawan, B. A. (2019). Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Tasawuf Modern Hamka dan Transformatif Kontemporer. Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 11(2), 396–414. https://doi.org/10.30596/Intiqad.V11I2.2658

Rusli, R. (2014). Agama dan Manusia dalam Pendidikan Hamka (Studi Falsafat Agama). Intizar: Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan, 20(2), 205–220. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intizar/article/view/430

Sahin, C. (2020). Integrasi Ilmu Kalam dan Tasawuf Menurut Said Nursi Dalam Tafsir Risâlah (Analisis Konsep Teospiritual dalam Al-Quran). repository.ptiq.ac.id. Retrieved from https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/438/

Shafrianto, A., & PRATAMA, Y. (2021). Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Buya Hamka. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 97–105. https://doi.org/10.48094/RAUDHAH.V6I1.89

Sholikhin, A. (2021). Konsep dan Metode Pendidikan Anak Menurut Hamka. etd.umy.ac.id. Retrieved from https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4910/

Supriyadi, S., & Jannah, M. (2020). Pendidikan karakter dalam tasawuf modern hamka dan tasawuf transformatif kontemporer. Halaqa: Islamic Education Journal. Retrieved from http://ojs.umsida.ac.id/index.php/halaqa/article/view/2725

Syafrin, N., & Hadi, F. A. (2021). Konsep dan aplikasi Islamisasi Sains dan Kampus di Universitas Ibn Khaldun Bogor. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam. Retrieved from http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/Tadibuna/article/view/4778

Turmudi, M. (2017). Integrasi Sains dan Agama dalam Perspektif Epistemologi Keilmuan Islam Kontemporer. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 28(1), 1–30. https://doi.org/10.33367/tribakti.v28i1.403

Utomo, A. W., & Dartim, D. (2020). Konsep Pendidikan Islam Integralistik: Studi Pemikiran Buya Hamka dan Mohammad Natsir. Iseedu: Journal of Islamic Educational …. Retrieved from https://journals.ums.ac.id/index.php/iseedu/article/view/14342

Wahyudi, I. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif Haji Abdul Malik Karim Amrullah (Hamka) dalam Buku Tasawuf Modern. repository.iain-samarinda.ac.id. Retrieved from http://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/943

Wiratama, A. (2011). Konsep Pendidikan Islam dan Tantangannya Menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. At-Ta’dib, 5(1), 27–41. https://doi.org/10.21111/AT-TADIB.V5I1.582

Yusuf, M. (1995). Hamka’s Method of Interpreting the Legal Verses of the Qur’ān: A Study of His Tafsir Al-Azhar. Retrieved from http://digitool.library.mcgill.ca/R/FDRE66G5V1PL49114RH3J53GMI6UKPR2PBX9A9I5Y7CY2M4744-04228

Zubaidah, A. (2018). Integrasi Komunikatif Pendidikan Islam Muhammad Iqbal Dan HAMKA. Indonesian Journal of Islamic …. Retrieved from http://jurnalpasca.iain-jember.ac.id/ejournal/index.php/IJIC/article/view/46