KISAH-KISAH TARBIYAH DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Main Article Content

Fadlil Khalis Fadlil Khalis
Yazida Ichsan
Eka Salma Dina

Abstract

Bahasan ini berusaha mengungkap metode-metode pendidikan yang terdapat dalam al-quran. Metode tersebut kemudian disinergikan dengan tema tema kekinian. Dengan menggunakan penelitian literatur dan pendekatan tafsir, diharapkan akan diperoleh pengetahuan tentang metode pembelajaran yang sejalan dengan al-quran.hasil penelitian ini menunjukan, sedikitnya terdapat lima bentuk metode pembelajaran yang diajarkan oleh al-quran. Metode-metode tersebut antara lain; metode cerita atau ceramah. Metode ini sejalan dengan al-quran surat al-kahfi ayat 66-67. Metode diskusi tanya jawab dan dialog. Metode ini sejalan denga al-quran surat al-ambiya ayat 52-61. Metode penyadaran, metode ini sejalan dengan al-quran surat luqman ayat 13. Metode pemberian hukuman. Metode ini sejalan dengan al quran surat an-nisa ayat 34. Selanjutnya metode yang terakhir yaitu metode ketaladanan. Metode ini sejalan dengan al-quran surat al ahzab ayat 21.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abdullah, Abdurahman Saleh, 2005, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Quran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Syrbasy, Ahmad al, 1985, Sejarah Tafsir Al-Quran(terj) Jakarta: tim Pustaka Firdaus

Abdullah, Abdurrahman Saleh, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan AlQur’an, terj. H. M. Arifim dan Zainuddin, Jakarta : PT. Rineka Cipta, 1994

Jalaluddin dan Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 1996.

Hafizh, Imad Zuhair, 1990, al-Qashash, Dar al-Qalam, Beirut, tt Jurnal Al Jamiah, No. 43, Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

As-Shabuni, Syeh Muhammad Ali, tt, Qabas min Nur Al-Quran Al-Karim, Jakarta: Dinamika Utama.

Shiddieqy, Hasbi Ash, 1993, Ilmu-ilmu Al-Quran, Jakarta: Bulan Bintang.

Syrbasy, Ahmad al, 1985, Sejarah Tafsir Al-Quran(terj) Jakarta: tim Pustaka Firdaus.