ADAB BELAJAR DAN PENGAJAR MENURUT BUYA HAMKA

Main Article Content

Imron Baehaqi

Abstract

Adab belajar dan mengajar merupakan unsur penting dalam mencapai tujuan pendidikan Islam. Banyak para ulama yang merumuskan adab belajar dan mengajar dalam karya-karya bukunya, di antaranya adalah Buya Hamka. Hanya saja, konsep adab belajar dan mengajar ini masih kurang mendapatkan perhatian dari kalangan pendidik dan peserta didik. Masih banyak para guru dan murid yang berada di sekolah Islam, khususnya di Muhammadiyah yang belum mengetahui konsep adab belajar dan mengajar yang dirumuskan Buya Hamka. Penelitian ini bermaksud untuk membahas tentang adab belajar dan mengajar dalam perspektif Buya Hamka yang diambil dari beberapa karya beliau. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode perpustakaan, mengumpulkan data-data, menganalisa, dan mendeskripsikannya. Kesimpulan dari kajian ini, bahwa Hamka telah mermuskan adab bagi pendidik dan peserta didik secara rinci dan spesifik, sesuai dengan spirit pendidikan Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Abd. Haris: “Etika Hamka:Konstruksi Etika Berbasis Rasional Religius.” Disertasi program Doktoral nya di Program Pasca Sarjana UIN Jakarta

H. Shamsul Nizar “Percikan Mutiara Pemikiran Hamka (1908-1981)

Hamka, Tasawuf Modern, Jakarta, Pustaka Panjimas, 1987,

Hamka Kenang-kenangan Hidup 1. Hal 57 dan H. Syamsu Nizar, Percik Mutiara Pemikiran Hamka tentang Pendidikan Islam).

Hamka, Lembaga Hidup, hal 241)

Sheikh Otsman bin Sheikh Salim, B.A. (Hons), Kamus Dewan Edisi Keempat, Kuala Lumpur, Dewan Bahasa dan Pustaka, 2007