Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Penulis

  • Zuliardi Zuliardi

Kata Kunci:

emotional intelligence, job motivation, teacher performance, kecerdasan emosional, motivasi kerja, kinerja guru

Abstrak

Tujuan penelitian adalah untuk mempelajari Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di
Kecamatan Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Metode penelitian adalah survei kausal menggunakan angket dengan pendekatan analisis jalur. Populasinya adalah seluruh guru SMP Negeri Kota Jakarta Selatan sebanyak 165 responden dan sampel sebanyak 117 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan kecerdasan emosional (X1) terhadap kinerja guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 30,089 + 0,801X1, koefisien korelasi r13 = 0,971 dankoefisien jalur X1 terhadap X3 p31 = 0,24 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru (X3) dengan persamaan regresi X3 = 26,85 + 0,8377X2, koefisien korelasi r23 = 0,982 dan koefisien jalur X2 terhadap X3 p32 = 0,74 pada taraf signifikansi α = 0,05, (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan kecerdasan emosional (X1) terhadap motivasi kerja (X2) dengan persamaan regresi X2 = 4,5721 + 0,9502X1, koefisien korelasi r12= 0,983 dan koefisien jalur X1 terhadap X2 p21 = 0,98 pada taraf signifikansi α= 0,05.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-06-25

Terbitan

Bagian

Administrasi Pendidikan/ Education Administration