Gambaran Rasionalitas Penggunaan Zinc dan Probiotik Pada Pasien Diare Pediatrik

Suci Fitriani Sammulia, Suhatri Suhatri, Susi Safitri

Abstract

Penyakit diare sampai saat ini masih menjadi salah satu penyebab utama kesakitan dan kematian terbesar di dunia. Diare menyerang hampir seluruh usia, dan kebanyakan dialami oleh anak berusia di bawah lima tahun atau balita. Penatalaksanaan diare akut anak menurut World Gastroenterology Organisation terdiri dari terapi rehidrasi oral, terapi suplemen zinc, diet, probiotik, dan antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan zinc dan probiotik pada pasien diare pediatrik yang dirawat di Rumah Sakit X Kota Batam periode 2017-2018. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif retrospektif, data diperoleh dari rekam medik pasien. Sampel diambil sebanyak 61 rekam medik dengan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penderita diare didominasi oleh jenis kelamin laki-laki (33 pasien) dibanding perempuan (28 pasien) dengan kejadian tertinggi pada rentang usia 1 bulan- 12 bulan yakni (23 pasien). Persentase rasionalitas penggunaan zinc yaitu sebesar 67,21% dan tidak rasional sebesar 32,79%. Sementara itu, persentase rasionalitas penggunaan probiotik adalah sebesar 59,01% dan tidak rasional sebesar 40,98%.

Full text article

Generated from XML file

References

Cipolle, R. J., Strand, L. M., Morley, P. C. 2015. Pharmaceutical Care Practice: The Patient - Centered Approach to Medication Management. McGraw-Hill, New York.
Hardiansyah, H., Arianti, B.I., Yulandari, V. 2018. Rasional Penggunaan Obat Pada Kasus Diare Balita Pasien BPJS Rawat Jalan RSUD Praya.Jurnal Kesehatan Qamarul Huda. 6(1) : 1-6
Hikmawati, H. 2012. Hubungan perilaku ibu dalam penggunaan botol Susu dengan kejadian diare pada balita di ruang Delima RSUD Dr. Harjono Ponorogo. Skripsi. Program Studi D III Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Indriani, L., Fitriyanti, I., Azzikri, A., Amalul,., 2019. Penilaian Rasonalitas Pengobatan Diare Pada Balita di Puskesmas Bogor Utara Tahun 2016. Fitofarmaka vol.9, No.1, : 9-15
Iskandar, W.J, Sukardi. 2015. Manifestasi klinis diare akut pada anak di RSU Provinsi NTB Mataram serta korelasinya dengan derajat dehidrasi. Cermin Dunia Kedokteran, 42(8): 567-570.
Kementrian Kesehatan RI. 2011. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan Situasi Diare di Indonesia.
Kemenkes RI. 2011. Panduan Sosialisasi Tatalaksana Diare pada Balita. Jakarta: Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan
Profil Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau. 2015. Dinas Kesehatan. Kepulauan Riau.
Sukardi, S., S. Yusran, L. Tina. 2016. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Diare pada Balita Umur 6-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Poasia Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehata Masyarakat. 1(3): 1-12.
Sumawa, P. M. R., Wullur, A. C., Yamlean, P. V. Y., 2015. Evaluasi Kerasionalan Penggunaan Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi Rawat Inap Di Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado Periode Januari-Juni 2014 . Pharmacon, Jurnal Ilmiah Farmasi, Vol.4 No.3.
World Health Organization. 2009. Buku Saku: Pelayanan Kesehatan Anak di Rumah Sakit. Pedoman Bagi Rumah Sakit Rujukan Tingkat Pertama di Kabupaten/Kota. Jakarta: Kemenkes RI
World Gastroenterology Organisation. 2012. Acute Diarrhea in Adults and Children: A Global Perspective.

Authors

Suci Fitriani Sammulia
sucifitriani.sammulia22@gmail.com (Primary Contact)
Suhatri Suhatri
Susi Safitri
Sammulia, S. F., Suhatri, S. and Safitri, S. . (2020) “Gambaran Rasionalitas Penggunaan Zinc dan Probiotik Pada Pasien Diare Pediatrik ”, Farmasains : Jurnal Ilmiah Ilmu Kefarmasian, 7(1), pp. 27–32. doi: 10.22236/farmasains.v7i1.4409.
Copyright and license info is not available

Article Details