Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Peresepan Undenatured Type II Collagen Dalam Penatalaksanaan Osteoartritis Lutut

  • Muhammad Yamin Universitas Pancasila
  • D Henky Lesmana Fakultas Farmasi Universitas Pancasila
Keywords: bauran pemasaran, kolagen tipe II tidak jenuh, keputusan pembelian, osteoartritis lutut.

Abstract

Osteoartritis merupakan penyakit sendi yang paling sering dialami oleh manusia, terutama lutut. Osteoartritis lutut terjadi sekitar 15,5% pada pria dan 12,7% pada wanita di Indonesia. Adanya kebutuhan dan peluang  pasar, maka dalam pemasaran produk Undenatured type-II collagen (UC-II) yang sedang dikembangkan, perlu dianalisis bauran pemasaran apa yang paling berpengaruh. Tujuan penelitian ini adalah melakukan studi pengaruh baruan pemasaran; seperti produk (X1), harga (X2), promosi (X3); terhadap keputusan peresepan UC-II dalam penatalaksanaan osteoarthritis lutut. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang diuji di lapangan dengan metode non-probability-purposive yang diberikan kepada 20 sampel dokter spesialis bedah tulang, rematik, dan penyakit dalam yang berpraktik di Jakarta. Penelitian diawali dengan melakukan interview mendalam kepada responden dan dilanjutkan dengan metode kuantitatif. Berdasarkan uji F, hasil analisis menunjukkan nilai F=43,224 dengan signifikansi 0,000 dan R=0,744 yang mengindikasikan dampak kuat pada baruan pemasaran secara serempak. Demikian pula, hasil analisis uji T adalah ‘t’=3,995 (X1), 2,903 (X2), dan 2,413 (X3) dengan signifikansi <0,05 yang mengindikasikan dampak kuat pada baruan pemasaran secara individu. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara baruan pemasaran (produk, harga, promosi) terhadap keputusan peresepan UC-II secara individu maupun serempak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Lorin, V., Gheorghe, I. and Gheorghe, C. (2015) ‘Uncovering the Online Marketing Mix Communication for Health Care Services’, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 26(15), pp. 1020–1025.

Crowley, D. C. et al. (2009) ‘Safety and efficacy of undenatured type II collagen in the treatment of osteoarthritis of the knee : a clinical trial’, International Journal of Medical Sciences, 6(6), pp. 312–321.

Marone, P. A. et al. (2010) ‘Safety and toxicological evaluation of undenatured type II collagen’, Toxicology Mechanisms and Methods, 20(4), pp. 175–189.

Masárová, G. and Rypáková, M. (2015) ‘The Necessity of Obtaining Information Through Marketing Research in The Field of Pharmaceutical Companies on The Slovak Market’, 23, pp. 1480–1484.

Petronela, I. and Adrian, D. (2013) ‘Applying Marketing Principles in the Field of Medical Services Ethical Challenge ? an Ethical Challenge?’, 6(13), pp. 449–456.

RACGP (2018) Guideline for the management of knee and hip osteoarthritis. 2nd edn. East Melbourne: The Royal Australian College of General Practitioners.pp.5-48
Published
2020-05-10
How to Cite
Yamin, M., & Lesmana, D. H. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Peresepan Undenatured Type II Collagen Dalam Penatalaksanaan Osteoartritis Lutut. Farmasains : Jurnal Ilmiah Ilmu Kefarmasian, 6(2), 51-58. https://doi.org/10.22236/farmasains.v6i2.3790
Section
Articles